Berita: “Paser Memenuhi Syarat ada Bandara”

Siaran Pers


TANA PASER- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Kepala Puslitbang Transportasi Udara Capt Novyanto, Kamis (5/08/2022) meninjau lokasi  Bandara  Udara Rantau Panjang Kecamatan Tanah Grogot.

Saat ditemui, Novyanto sempat menolak memberikan tanggapan terkait kunjungannya. Karena kewenangan tersebut menurutnya  ada pada pimpinan tertinggi, dan itupun harus melalui pleno.

Namun menurut Novyanto, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam upaya memperkuat kedaulatan sekaligus meningkatkan perekonomian serta memperlancar konektivitas, berkomitmen membangun bandara di wilayah 3T atau terdepan, terluar, dan tertinggal.

Terkait kelanjutan bandara di Paser,  Novyanto menegaskan,  pihaknya hanya bisa memberikan rekomendasi kebijakan baik lintas kementerian dalam hal kebijakan transportasi. 

“Perjalanan dari Balikpapan menuju Kabupaten Paser cukup melelahkan sekitar lima jam lebih, dan itu saya rasakan tadi malam. Kabutuhan transportasi udara sangat tinggi dan ini belum dilihat dari aspek lain, perlu daya dukung yang mewadahi. Paser sudah memenuhi syarat memiliki bandar udara,” katanya.

Paser sebagai wilayah penyangga IKN sebut Novyanto tentu saja ada pertimbangan khusus, selain bandara yang ada di Balikpapan dan Samarinda, juga rencana bandara di PPU yakni bandara atau pangkalan udara. 

Selanjutnya, dari kunjungan ini lanjut Novyanto, pihaknya akan memberikan telaahan staf dan disampaikan kepada pimpinan. 

Novyanto  meminta kembali kajian baru atas pendirian bandara Rantau Panjang, pasalnya kajian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Surabaya (ITS) 2019 lalu, tentu saja akan berbeda dengan kondisi sekarang.

“Misalnya kajian potensi daerah, ekonomi, logistik, dan jumlah keinginan masyarakat yang datang dan keluar. Bangunan yang terbangun disampaikan oleh Pemkab Paser telah mencapai 53 persen, namun dirinya belum bisa menyimpulkan menunggu hasil kajian baru.

Sebagai informasi, Tim Kementerian Perhubungan RI bersama dengan Pemkab Paser,  Kamis (4/8/2022) malam ini, bakal menggelar pleno di Hotel Platinum Balikpapan menindaklanjuti hasil survei bandara di Rantau Panjang.  (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2999 detik dengan memori 0.69MB.