Berita:Pilkades Serentak 72 Desa di Kabupaten Paser, Pantau 3 TPS Sekda Harap Terlaksana Aman Kondusif

Siaran Pers

Tana Paser - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 dilakukan serentak di 72 Desa Se Kabupaten Paser pada 30 November 2022. Untuk memantau jalannya Pilkades, unsur Forkopimda Dandim 0904/Paser Letkol Inf Ary Susetyo, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, Ketua  DPRD Hendra Wahyudi  bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Drs Katsul Wijaya, M.Si Kepala PMD Candra Irwanadhi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Nonding, Inspektur Inspektorat Darni dan Para Kepala Perangkat Daerah Lainnya yang turut mendampingi.

Untuk memantau jalannya pemilihan, tiga Tepat Pemungutan Suara (TPS) yang didatangi yaitu TPS 1 Desa Senaken (di Terminal kota), TPS 2 Desa Tanah Periuk (di Balai Desa Tanah Periuk) dan TPS 04 (Halaman Kantor Desa Desa Pasir Belengkong).

Sekda Katsul berharap Pilkades dapat berjalan dengan lancar, tertib, damai dan kondusif. “Alhamdulillah hari ini pelaksanaan pilkades di tiga tps yang kita pantau berlangsung lancar dan tertib. Khususnya terkait penanganan covid-19 pun telah disiapkan seperti alat pengukur suhu, wastafel/keran cuci tangan, masker hingga handsanitizer,” ujar Sekda Katsul yang juga dulu pernah menjabat Kepala PMD selama 11 tahun.

Terkait adanya potensi ricuh, Mantan Camat Long Ikis Tahun 2006 ini berharap semua tahapan berjalan dengan damai. “Mudah-mudahan dengan kesiapsiagaan para petugas keamanan baik Polri, TNI dan Satpol PP semua tahapan berjalan lancar, aman dan damai. Dalam kepanitaan juga ada petugas Linmas. Sebelum hari H yaitu H-1, kami dilaporkan terkait persiapan pelaksanaan pilkades, bahwa rata-rata semua desa berjalan dengan baik. Bahkan petugas nantinya akan terus melakukan pengawalan hingga perhitungan selesai”, ujar Sekda.

Ia pun berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, kemudian kembali beraktivitas sperti biasa. “Jangan terpengaruh dengan pernyataan provoaksi  salah satu calon misalnya. Supaya pelaksanana pilkades berjalan dengan aman damai”, pungkasnya.

Masih di TPS 4 Desa Paser Belengkong, di Ruang Kantor Desa Pasir Belengkong digelar Zoom meeting pun digelar antara Forkopimda Kabupaten Paserbersama Kementerian Desa Republik Indonesia untuk melaporkan jalannya kegiatan Pilkades di 72 Desa se Kabupaten Paser.

Untuk diketahui, dari 72 Desa ini terdapat 228 calon kepala desa, dengan 46 Incumbent.  Terdiri 214 laki-laki dan 14 perempuan. Tersebar 232 TPS dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 78307. Untuk tahapan pengesahan kepala desa dijadwalkan pada 15 Desember hingga 25 Januari 2023 dan akan dilantik 3 Februari 2023. (Humas).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1955 detik dengan memori 0.95MB.