Berita:Masitah Sambut Habib Muhammad Konsultasi Sinkronisasi Program Eksekutif dan Legislatif sebagai Penyangga IKN

Siaran Pers

Tana Paser – Wacana pemindahan Ibukota Negara kian kencang. Daerah yang berada disekitaran calon IKN mulai mempersiapkan diri. Termasuk Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan yang kelak juga akan menjadi daerah penyangga IKN. Terkait hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Tabalong Habib Muhammad Taufani Alkaf bersilaturahmi dan konsultasi ke Kabupaten Paser yang disambut oleh Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf dirumah jabatannya, kamis (25/11/21).

Dalam pertemuan yang membahas Sinkronisasi Program antara Eksekutif dan legislatif sebagai daerah penyangga IKN (Ibu kOta Negara), Habib ingin mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan pemkab Paser kepada DPRD Kabupaten Paser.

Secara panjang lebar Masitah mengungkapkan beberapa poin.“Paling pertama dan utama adalah membangun komunikasi yang baik kepada legislatif. Karena eksekutif dan legislatif mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing”, ujarnya. Lebih lanjut Ia menegaskan bahwa Ia bersama Bupati Paser Fahmi Fadli mengikuti aturan yang telah dibuat dan ditetapkan Legislatif. “Ada aturan yang dibuat dan ditetapkan Legislatif maka itulah yang menjadi aturan kami untuk bekerja”, tandasnya.

Kemudian Masitah menjelaskankan tentang penyelarasan antar program. “Kami menyinkronkan dan  menyelaraskan antara program kami yaitu PASER MAS, Pokok Pikiran Legislatif dan program dari pemerintah pusat dan provinsi. Ada 9 program strategis yang kami jalankan. Yaitu BPJS gratis, satu guru satu laptop, gratis seragam sekolah dan beasiswa pendidikan. Peningkatan infrastruktur jalan, penyediaan sarana air bersih dan perbaikan rumah layak huni. Kemudian peningkatan kesejahteraan pegawai tidak tetap, insentif ketua RT/guru ngaji dan imam/kaum masjid. Pemerataan Puskesmas Rawat Inap. Menjadikan pertanian sebagai sektor andalan kabupaten, pariwisata sebagai andalan ekonomi kreatif dan meningkatkan anggaran desa”, ujarnya.

Terkait visi Fahmi – Masitah yang komitmen peningkatan infrastruktur jalan diwilayah Kabupaten Paser telah disetujui DPRD Kabupaten Paser. “Untuk infrastruktur jalan kami melakukan pinjaman sebesar 600 milyar rupiah kepada Bank daerah yahng telah disetujui DPRD”, jelasnya. “Tahun 2022 kami fokus terkait infrastruktur jalan karena hampir sebagian besar jalan di Paser rusak berat. Ini  menyulitkan kami untuk melaksanakan dan memasukkan program-program kami, terutama program pemerataan pembangunan. jika jalan bagus maka jaringan listrik, air dan telekomunikasi bisa masuk, termasuk para investor. Ini juga tentu akan mendukung daerah Kabupaten Paser yang juga  sebagai daerah penyangga IKN”, ungkapnya.

Selain itu, Masitah mengatakan bahwa untuk persiapan IKN pemerintahnya sedang membenahi sektor pariwisata. “Sekarang yang sedang kami siapkan adalah Wisata Gunung Boga Desa Luan. Ini menjadi tempat pariwisata andalan di Kabupaten Paser. Kedepannya kami juga akan mengembangkan pariwisata religi di Kecamatan Paser Belengkong. Karena kita tidak bisa bergantung pada sektor pertambangan dan perkebunan. Kami juga sedang menguatkan UMKM yang jumlahnya sekarang kian meningkatkan”, ujarnya.

Dalam kesempatan itu, terungkap bahwa Kabupaten Tabalong berdasarkan acuan dari Pemerintah Pusat akan mendukung dari sektor peternakan dan hasil pertanian. “Daerah kami terutama akan support buah-buahan. Kami juga memiliki pasar agribisnis dan penghasil unggas”, terangnya.

Hadir mendampingi Plt Bappedalitbang Hulaimi, Kabid Perencanaan Pengendalian Evalluasi dan Pelaporan Rusdian  Nor, Kabid Akuntasi BPKAD Syarif (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1419 detik dengan memori 0.95MB.