Berita:Semarakan HUT ke 63 Paser Dengan Berbagai Kegiatan dan Perlombaan

Siaran Pers

Tana Paser – Menjelang Hut  ke 63 Paser yang diperingati setiap tanggal 29 Desember akan diwarnai dengan berbagai kegiatan dan perlombaan. Melalui rapat finalisasi yang dipimpin oleh Seketaris Daerah Katsul wijaya dan  didampingi oleh Asisten Pemkes Romif Erwinadi dengan moderator Kabag Tapem Rizki Noviar selaku Ketua Panitia HUT Paser, membahas kegiatan dan perlombaan yang akan dilakukan oleh masing – masing kelompok kerja dari instansi terkait. Rapat finalisasi tersebut dilaksanakan pada Senin ( 05/12/2022) di Ruang Rapat Sadurengas, Kantor Bupati.

Adapun rangkaian kegiatan dan perlombaan  yang akan dilaksanakan adalah Melas Taon dilaksanakan dari tanggal 10 Desember 2022 s/d 15 Desember 2022, lokasi kegiatan di Arena Expo KM 5, dengan acara puncaknya tanggal 12 Desember 2022. Melas Taon diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Lembaga Adat Paser (LAP). Bersamaan dengan Melas Taon diselenggarakan pula Festival Paralayang oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata yang bertempat di Gunung Boga dari tanggal 10 Desember 2022  s/d tanggal 11 Desember 2022, Festival Paralayang ini dirangkai dengan pelantikan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Rangkaian kegiatan HUT selanjutnya yaitu TRABAS “Santai Aja Kasian” V yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2022 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dengan start awal di Lapangan Expo Km 5. Sehari setelah TRABAS yaitu pada tanggal 18 Desember 2022 dilaksanakan kegiatan Jalan Santai yang diawali dengan Fun Run, untuk posisi start dua kegiatan tersebut dilakukan di halaman kantor Bupati dan finish di Arena MTQ Putri Petung, dua kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kaltim Post. Kegiatan selanjutnya adalah Kegiatan Parade Drum Band yang dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2022 dan Kegiatan Parade Budaya Etnis Nusantara pada tanggal 22 Desember 2022, dua kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan untuk posisi start dua kegiatan tersebut dilakukan di Halaman Kantor Bupati dan finish di Arena MTQ Putri Petung. Sementara itu beberapa perlombaan dari cabang olah raga yang akan dilaksanakan adalah Lomba Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dilaksanakan tanggal pelaksanaan 13 Desember 2022 s/d 14 Desember 2022, lokasi kegiatan yaitu di Kompleks perkantoran KM 5. Pelaksana kegiatan SKJ yakni Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, Perlombaan selanjutnya yaitu  Sepakbola U 11 – 13 (Bupati Cup) rencananya akan dimulai dari tanggal 8 Desember 2022 dan berlangsung selama 4 atau 5 hari, bertempat di Stadion Sadurengas dan dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, sementara itu, Lomba Mini Soccer antar Perangkat Daerah masih belum ditentukan tanggal dan tempatnya. Masih dalam rangkaian Kegiatan HUT Paser, akan digelar pula EXPO dengan berbagai hiburan yang dimulai dari tanggal 24 Desember 2022 s/d 31 Desember 2022 bertempat di Arena Expo KM 5 Gentung Temiang, pelaksana EXPO yaitu Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Event Organizer. Puncak acara HUT ke 63 Paser yaitu tanggal 29 Desember dengan acara Syukuran yang dilaksanakan di Gedung Awa Mangkuruku, pada pelaksanaan syukuran ini tamu undangan yang hadir memakai pakaian adat. Setelah acara syukuran siang harinya dilanjutkan dengan Sidang Paripurna.

Mendengar pemaparan tiap – tiap kelompok kerja Sekda Katsul wijaya memberikan beberapa arahan yaitu agenda dari jadwal yang telah disampaikan agar dikomunikasikan lagi terkait kepastian jadwal, kemudian agenda yang dihadiri  Bupati Paser, agar dipersiapkan secara matang, dan koordinasi dengan bagian umum perlu dilakukan jauh – jauh hari demi kelancaran acara,  selanjutnya untuk sarana dan prasarana pendukung dari kegiatan EXPO juga perlu dipersiapkan dengan matang, “ Terkait toilet tolong jauh – jauh hari dipersiapkan dan toilet yang ada di bangunan tolong dibenahi begitu juga untuk lampu, mobilisasi angkutan serta perijinan acara untuk EXPO perlu dipersiapkan,”ungkap Sekda. Pada kesempatan yang sama Asisten Kesra Romif Erwinadi juga mengatakan agar persiapan HUT Paser perlu dilakukan seperti lampu – lampu jalan menjelang HUT perlu lebih terang lagi, serta kebersihan lingkungan dan jalan perlu diperhatikan. “Tolong Dinas Perhubungan agar lampu – lampu Jalan diterangi terutama di Daerah KM 5 selain itu kebersihan di pinggir – pinggir jalan oleh instansi terkait tolong diperhatikan”, kata Romif.  (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.4404 detik dengan memori 0.95MB.