Berita:Paser Surplus Beras 2019 & 2020, Lakukan Langkah Strategis untuk Terus Tingkatkan Produksi Padi

Siaran Pers

Balikpapan - Kabupaten Paser sangat potensial dibidang pertanian. Sebagai daerah penyangga Ibukota Negara (IKN) persiapan pun harus segera dilakukan dengan menyiapkan kawasan pertanian atau food estate. 

"Agar nantinya Kabupaten Paser dapat surplus dan menyuplai padi maka perlu dilakukan langkah strategis peningkatan produksi padi" ujar Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf saat pembukaan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Se Kaltim Tahun 2022, Rabu (23/3/22) di Hotel Grand Jatra, Balikpapan. 

Didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Erwan Wahyudi dan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Taharudin diungkapkan bahwa perlunya langkah strategis untuk peningkatan produksi padi. Yaitu pertama Penguatan sentra Produksi Tanaman Pangan, seperti Optimasi Lahan, Peningkatan indeks Pertanaman dan Perluasan areal tanam. Kedua, Peningkatan produktivitas yaitu Dengan Penerapan teknologi Budidaya,

Penyediaan benih unggul, Penyediaan Pupuk dan Pestisida, Pemberdayaan penangkar benih dan Bantuan alat dan mesin pertanian. Pengembangan Jaringan dan optimasi air dan melakukan Gerakan massal pengapuran lahan. Serta Pengembangan sistem perlindungan yang ramah lingkungan.

Kemudian ketiga, Meningkatkan kapasitas petani dalam mengakses permodalan dan teknologi, yaitu Peningkatan SDM Petani dan Perlindungan Petani dan akses permodalan.

"Dan berturut-turut ke empat dan lima, Peningkatan Nilai Tambah dan daya saing Produk Pertanian dan Penguatan Peran dan Fungsi Kelembagaan Petani" ujar Erwan. (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1530 detik dengan memori 0.94MB.