Berita:Wabup Masitah  Akan Jadikan Pasir Belengkong Kawasan Wisata Religi

Siaran Pers


TANA PASER- Kecamatan Pasir Belengkong tercatat sebagai salah satu kecamatan tertua yang ada di Kabupaten Paser, bukti tertuanya kecamatan itu adanya cagar budaya yakni Musium Kesultanan Sadurengas dan masih dalam kawasan museum, juga terdapat rumah ibadah tertua di Paser, yaitu Masjid Jami Nurul Ibadah yang dibangun sejak 1851 silam

Tak jauh dari Musium, juga terdapam komplek makam raja-raja Paser dan termasuk  makam Pangeran Syarif Hamid Ahmad Assegaf, dan dikomplek makam ini, setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, digelar haul besar yang dihadiri ribuan jamaah baik dari wilayah Kalimantan maupun Sumatra dan pulau Jawa.

Selain itu, tidak jauh dari Museum Sadurengas, dapat ditemukan Batu Indra Giri dan beberapa meriam Portugis. Batu Indra Giri adalah batu yang dibawa oleh tim ekspedisi penyebaran agama Islam dari Kerajaan Demak bernama Abu Mansyur Indra Jaya. Di sekitar Batu Indra Giri dapat pula ditemukan meriam Portugis yang merupakan sebagian peninggalan raja-raja pada zaman dahulu.

Sejak dulu,jangan heran jika Kecamatan Pasir Belengkong selalu dikunjungi wisatawan untuk melakukan wisata religi. Apalagi pada saat saat lebaran Idul Fitri warga datang untuk berziarah kemakam raja-raja dan haul Pangeran Syarif Hamid Ahmad Assegaf yang dilaksanakan setiap tahun, masyarakat yang hadir bisa mencapai ribuan orang.

Sejalan dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Paser dipimpin Bupati Paser dr Fahmi Fadli dan Wabup Hj Sarifah Masitah Assegaf, sektor Pariwisata menjadi salah skala prioritas, maka Pemerintah Kabupaten Paser pun mulai melakukan peningkatan sarana dan prasarana penunjang wisata.

Wabup Masitah mengatakan, akan menjadikan Kawasan Pasir Belengkong sebagai destinasi wisata religi. “Wisata Pasir Belengkong ini  paling kental adalah wisata religi karena memang ada peninggalan Kesultanan Paser ,” katanya  saat melakukan kunjungan ke Pasir Belengkong, jumat (16/7/2021) dihadapan Camat Pasir Belengkong Arbain dan Kades Pasir Belengkong Subhan.

Karena itu Masitah mengaku  sangat mendukung keinginan Camat Pasir Belengkong bersama Kepala Desa yang akan melakukan penambahan fasilitas di Kawasan tersebut seperti diantaranya rencana pembangunan pintu gerbang jalan masuk dua jalur ke Museum Sadurengas.

Sementara itu, Camat Pasir Belengkong Arbain mengatakan keberadaan objek wisatar religi di wilayahnya sangat membantu perekonomian masyarakat karena dengan banyaknya kunjungan baik ke Makam dan Masjid maupun Museum dan saat kegiatan haul, masyarakat yang ada di sekitarnya pun mendapatkan dampak pada perekonomian  khususnya masyarakat yang berjualan di sekitar. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1182 detik dengan memori 0.95MB.