Berita:Wabup: Lebih Memakai Strategi Jemput Bola

Siaran Pers

TANA PASER-  Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah menegaskan, urusan kesehatan adalah salah satu bidang yang selalu menjadi perhatian baik pemerintah pusat maupun daerah, dan hal ini juga telah menjadi salah satu misi Kabupaten Paser yaitu meningkatkan pelayan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan.Karena itu menurut Mardikansyah saat pencanagan kesatuan gerak PKK dan PPKBP kesehatan 2017 yang dipusatkan di Desa Suatang Keteban Kecamatan Pasir Belengkong, salah satu harapan yang ingin dicapai adalah memberikan kontribusi nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan.

          Selanjutnya  Wabup Mardikansyah mengatakan Pemerintah Kabupaten Paser telah memiliki rumah sakit umum daerah dan Rumah Sakit Pratama, dan disamping itu  hingga saat ini tercatat 19 unit Puskesmas,  9 diantaranya adalah Puskesmas rawat inap atau 24 jam.

            “Selanjutnya Pusban atau Puskesmas pembantu sebanyak 118 unit, puskesmas keliling sebanyak 26 unit dan ditambah  rumah sakit swasta dan klinik swasta. Dengan dukungan tenaga kesehatan 969 orang, pelayanan dan program kesehatan di Kabupaten Paser terus meningkat dari tahun ke tahun baik dari segi kualitas maupun kualitas,” kata Wabup.

          Karena itu lanjut Mardikansyah, jika dilihat secara saksama, jumlah fasilitas dan tenaga kesehatan di Kabupaten Paser dapat dikatakan cukup memadai untuk menjamin pelayanan terhadap masyarakat. Namun ada keterbatasan akses masyarakat terhadap sarana –sarana kesehatan perlu disiasati pemerintah dengan menyebar tenaga-tenaga kesehatan ke wilayah pesisir dan pedalaman  serta mendorong mereka untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan tepat sasaran demi meningkatkan perilaku hidup sehat masyarakat.

          “Artinya pemerintah tidak saja membangun fasilitas kesehatan dan menunggu masyarakat datang, tetapi lebih memakai strategi jemput bola, dimana tenaga-tenaga kesehatanlah yang diterjunkan hingga ke wilayah-wilayah yang mengalami keterbatasan akses untuk sampai ke fasilitas –fasilitas kesehatan yang menjadi arah dan target pembangunan Paser di bidang kesehatan 2021,” sebut Wabup Mardikansyah. (hum-har) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1605 detik dengan memori 0.95MB.