Berita:Wabup Buka Acara Sosialisasi Program Beras Sejahtera (RASTRA)

Siaran Pers

Tana Paser – Wakil Bupati Paser Mardikasyah membuka Sosialisasi Pelaksanan Program Beras Sejahtera (Rastra) Senin (17/04) di Ruang rapat Sadurengas.
Acara Sosialisasi Rastra dihadiri asisten Kesejahteraan Rakyat Asmuni Samad, Kepala Dinas Sosial Amirudin, Ketua Baznas Paser, Camat se-Kabupaten Paser dan Kepala Bulog Kabupaten Paser.
Dalam sambutannya Mardikansyah mengatakan tujuan dilaksanakannya Program Beras Sejahtera ini untuk mengoptimalkan penyaluran beras Rastra sehingga bantuan tersebut benar-benar disalurkan kepada yang berhak menerima. Kata Mardikasyah.
Program Rastra merupakan implementasi dari Instruksi Presiden tentang kebijakan perberasan nasional yang setiap tahun diterbitkan, menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian tertentu, Serta Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk melakukan upaya peningkatan pendapatan petani, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi pedesaan dan stabilitas ekonomi nasional.
Mardikasyah mengharapkan kepada tim koordinasi agar terus melaksanakan pengawasan baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa sehingga tidak terjadi penyelewengan dalam penyaluran beras Rastra kepada masyarakat. harapannya
Masyarakat yang ekonomi kelas menengah ke bawah sangat membutuhkan bantuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan, dan perlu kita ketahui juga bahwa masyarakat miskin di Kabupaten Paser sebanyak 7,9 persen dan jumlah penerima Rastra Tahun 2017 sebanyak 14.606 KPM atau Keluarga Penerima Manfaat.
Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat, pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Paser telah menggratiskan ongkos angkut dari titik distribusi ke titik bagi. Oleh karena itu mari sama-sama kita mendukung program ini dengan optimalisasi penyaluran Rastra yang sesuai aturan dan tepat sasaran. Dengan harapan semoga Rastra ini dapat diterima secara utuh oleh masyarakat tanpa adanya pemotongan,” jelas Mardikansyah.
Mardikansyah menginstruksikan kepada para Camat yang belum membentuk tim koordinasi agar dapat membentuk tim tersebut untuk memudahkan dalam pengawasan terhadap penyaluran Rastra. Diharapkan ke depan di Kabupaten Paser jumlah rumah tangga penerima beras Rastra semakin berkurang. Dengan demikian berarti tingkat kesejahteraan masyarakat terus meningkat.
Mardikansyah  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang telah memberikan bantuan kepada anak-anak Paser untuk bisa meringankan beban mereka dalam menempuh pendidikan. Apa yang dilakukan Baznas hari ini, adalah bagian dari upaya mewujudkan salah satu tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Selanjut Wakil Bupati Paser Mardikasyah menyerahkan bantuan beasiswa dari Baznas Kepada perwakilan Anak SD, STLP, SLTA dan Mahasiswa serta menyerahkan Bantuan Restra. (YR)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1343 detik dengan memori 0.83MB.