Berita:Upacara HAB ke-75 Kemenag di MAN IC Paser

Siaran Pers

Tana Paser - Semula pelaksanaan upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tahun 2021 di MAN IC Paser akan dilaksanakan di lapangan madrasah, namun karena suasana hujan mengguyur Paser sejak dini hari sampai pagi hari, maka upacara dilaksanakan di dalam ruang pertemuan. Hal itu tidak mengurangi khidmatnya acara rutin tahunan yang cukup sakral di lingkungan satuan kerja MAN IC Paser. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara dalam rangka HAB Kemenag tahun ini diselenggarakan oleh masing-masing satuan kerja di bawah naungan Kementerian Agama. Selain itu, kegiatan upacara juga lebih sederhana dan diikuti oleh masing-masing Aparatur Sipil Negara di lingkungan satuan kerja masing-masing, termasuk di MAN IC Paser. Bertindak selaku Pembina upacara Kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam, M.Pd.I dan diikuti seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sebanyak 65 orang.

Dalam sambutannya, dengan membacakan Sambutan Menteri Agama, Khoirul Anam mengajak para peserta upacara untuk berterima kasih dan mendoakan para perintis, pendiri, dan pembangun Kementerian Agama, semoga amal baktinya diterima dan diridhoi Allah dan kepada kita semua semoga diberikan kekuatan dalam melanjutkan cita-cita mereka untuk kepentingan bangsa, negara, dan agama. Mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

Pertama, manajemen pelayanan dan tatakelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, sebangsa dan setanah air serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Selanjutnya, saya mengajak kita semua untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang. Demikian Sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang dibacakan oleh Kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam.

Di akhir upacara HAB ke-75 Kemenag 2021, ditandai dengan penyerahan penghargaan Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya X tahun oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada Muslimun, S.Pd.I yang juga Kepala Tata Usaha MAN IC Paser. Piagam diserahkan oleh Kepala MAN IC Paser kepada Muslimun. humas_ICPaser

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1223 detik dengan memori 0.95MB.