Berita:Tahun Depan SAKIP Paser Naik ke B

Siaran Pers

TANA PASER – Kepala Bappeda Paser H Muksin SS MA dengan mantap mengatakan bahwa nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Paser pada tahun 2019 akan naik satu tingkat dari CC ke B. Bal ini disampaikan Muksin saat ditemui usai menghadiri penyerahan penghargaan SAKIP 2018 di Banjarmasin, Rabu (6/2).

Meski tidak merinci alasan yang kuat untuk bisa naik peringkat, Muksin secara tersirat menyampaikan bahwa upaya ke arah perbaikan perencanaan, anggaran dan kinerja tahun ini akan jauh lebih baik. “Indikator penilaian sudah jelas, dan kita hanya perlu koordinasi dengan Kementerian PAN&RB,” katanya.

Ditambahkan, beberapa provinsi, kabupaten dan kota yang mendapatkan nilai lebih baik juga sudah melakukan hal-hal tersebut. Memang sebelum penyerahan penghargaan, Kementerian PAN&RB menampilkan testimoni dari beberapa pimpinan daerah yang sudah maju dalam SAKIP. Seperti Gubernur DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, lalu ada beberapa Bupati, seperti Banyuwangi, Situbondo, dan Sorong.

Kementerian PAN&RB membagi penyerahan penghargaan SAKIP per wilayah. Kegiatan di Banjarmasin ini masuk di wilayah II, yang diikuti 11 Provinsi. Yaitu Lampung, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggaran Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sesuai dengan Permen PAN&RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP, sistem peringkat dilai dibagi menjadi AA setara 90-100, A 80-90, BB 70-80, B 60-70, CC 50-60, C 30-50 dan D 0-30. Pada SAKIP 2017 lalu Paser mendapatkan nilai C, lalu pada penilaian SAKIP 2018 ini meningkat menjadi CC. (aks) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1170 detik dengan memori 0.95MB.