Berita:Rencana Pembangunan dan Pengembangan Smart City Paser, DKISP Merupakan Leading Sector

Siaran Pers

TANA PASER – Komitmen Pemerintah Kabupaten Paser untuk mewujudkan smart city kian mantap, setelah sebelumnya mendatangkan konsultan perencanaan PT. Gamatechno untuk pemaparan awal master plan, langkah selanjutnya dilakukannya presentasi tentang rencana pembangunan dan pengembangan smart city Kabupaten Paser oleh Kepala Dinas Komunikasi  Informatika Statistik dan Persandian  (DKISP)Adi Maulana di Pendopo Bupati Paser Selasa (15/8).

        `   Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi menjelaskan, “penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka pelayanan publik, telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Instruksi Presiden tentang kebijakan dan strategi nasional terkait pengembangan E-Government. Pemerintahan Daerah dapat berinisiatif dan memanfaatkan pelayanan berbasis teknologi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan melalui daya dukung teknologi informasi yang telah tersedia saat ini’.
            Ia juga sampaikan dalam mengelola otonomi daerah, cara-cara konvensional sudah harus ditinggalkan. Pemerintah Daerah harus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
            Saya berpesan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser berkomitmen untuk bersama-sama mendukung percepatan pembangunan E-Government atau pelayanan berbasis elektronik maupun program kota pintar di Kabupaten Paser ini, dengan harapan kemajuan pembangunan di masa mendatang akan semakin mudah kita wujudkan, demikian Yus berpesan.
            Sementara terkait konsep smart city yang disampaikan Kepala Dinas DKISP Adi Maulana yakni merujuk kepada “Bagaimana memanfaatkan kemajuan tekhnologi, sehingga dapat memudahkan interaksi antar SKPD, masyarakat, serta ekonomi bisnis, secara cepat dan tepat dengan menggunakan real data”.
            Ia menegaskan dengan konsep smart city harus memenuhi beberapa komponen dasar. Seperti tata kelola pemerintahan yang pintar (smart governance), infrastruktur dan transportasi yang pintas (smart mobility), ekomomi pintar (smart people), masyarakat pintar (smart people), serta lingkungan yang pintar (smart environment).
            DKISP dalam pengembangan smart city merupakan leading sector, berperan untuk dalam merencanakan dan mengembangkan aplikasi, merencanakan serta melaksanakan pembangunan infrastruktur utama, merencanakan pengembangan SDM, serta membuat dan memberikan subdomain website SKPD”, tutur Adi.
            Adi juga menjelaskan sejauh ini langkah yang telah ditempuh oleh DKISP untuk mewujudkan smart city ini adalah pembenahan tata laksanan melalui pembentukan pokja. DKISP juga melakukan kunjungan kerja untuk menambah pengalaman dan pengetahuan. Serta penyusunan master plan e-government bekerjasama dengan PT Gema Techno.
            Untuk memperkuat rencana pengembangan smart city dan komitmen bersama, pada kesempatan ini dilakukan penandatangnan konsesus bersama seluruh SKPD  dan Camat se-Kabupaten Paser. (hum-ew)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1650 detik dengan memori 0.95MB.