Berita:Program Utama TPID Paser Kemandirian Pangan & Program Kerjasama Antar Daerah.

Siaran Pers

TANA PASER- Pemerintah Provinsi Kaltim menggelar High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kaltim dan Kabupaten/Kota Se Kaltim  yang digelar di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (29/11).

Pertemuan tingkat tinggi TPID yang dipimpin  Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyad ini, diikuti Bupati dan Walikota se-Provinsi Kaltim, memiliki peran strategis dalam tataran kebijakan pengendalian inflasi. Dalam pertemuan tersebut, Bupati Paser diwakili Asisten Ekonomi Setda Paser Hj Ina Rosana.

Ina Rosana bersama Sekda Paser Katsul Wijaya bertempat di rumah jabatan dinas Bupati, Senin (3/12) melaporkan kepada Bupati Paser terkait hasil pertemuan dan  kondisi ketersedian dan harga bahan pokok di Kabupaten Paser.

Saat ditemui,  Ina Rosina mengatakan  dalam rangka menghadapi hari besar Natal 2018 dan tahun baru 2019, TPID Paser sudah melaksanakan rapat untuk memastikan ketersediaan dan distribusi bahan pokok sampai akhir tahun dan awal tahun 2019.

Menurutnya, harga kebutuhan pokok berdasarkan pantauan petugas Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) relatif stabil atau tidak ada kenaikan yang berarti. Sedangkan ketersedian BBM di Kabupaten Paser tidak ada masalah atau tidak ada antrian seperti yang terjadi di sejumlah kabupaten.

Terkait tabung gas elpij di agen pangkalan wilayah Kabupaten Paser, Ina Rosana menyebutkan pada kondisi tertentu terjadi antrian untuk tabung 3 KG, namun sudah diatur untuk pergeseran stok dan penyaluran tepat sasaran bagi rumah tangga yang tidak mampu.

“Penetapan Het di pangkalan pada kecamatan atau desa sudah ditetapkan dengan keputusan Bupati Paser Nomor 500/Kep-680/2018 tanggal 5 November  2018, berdasarkan harga tembus pangkalan ke agen, ongkos angkut dan margin pangkalan,” sebutnya.

Masih kata Ina Rosana, Kabupaten Paser dengan kondisi dan letak geografis sehingga hampir 85 persen kebutuhan pangan berasal dari luar daerah seperti Banjarmasin, Surabaya dan Makasar. Olah karena itu, program utama TPID Kabupaten Paser adalah program kemandirian pangan dan program kerjasama antar daerah. (har-/humas)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1370 detik dengan memori 0.95MB.