Berita:Pilot Project Pengelolaan Emas Bebas Merkuri di Paser Direalisasikan Maret 2022

Siaran Pers

TANA PASER- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser untuk membangun fasilitas pengolahan emas bebas mercuri.

Pilot project ini akan dibangun di wilayah pertambangan rakyat di Kecamatan Batu Sopang dan Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser yang disebutkan Dirjen Pengelolaan Sampah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati akan direalisasikan pembangunan nya pada bulan Maret 2022.

Pembangunan ini merupakan bagian dari implementasi  Aksi Nasional Penghapusan Merkuri pada Penambangan Emas Skala Kecil. Pengelolaan fasilitas  ini dilakukan penambang rakyat setempat dengan pendampingan penuh oleh KLHK.

Kerjasama ini merupakan salah satu poin Nota Kesepahaman (MoU) KLHK dengan Pemkab Paser dalam Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun. MoU tersebut ditandatangani oleh Dirjen PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati dengan Bupati Paser Fahmi Fadli.

Dirjen PSLB3 KLHK  Rosa Vivien Ratnawati dalam sambutannya berharap pembangunan fasilitas ini dapat memberikan manfaat yang baik.

“Saya juga mengharapkan pencemaran akibat kegiatan pertambangan emas di Kabupaten Paser  bisa berkurang,” ujarnya.

Kabupaten Paser  dipilih menjadi lokasi pilot project ini karena besarnya potensi perluasan dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh merkuri di wilayah ini.

“Kedepannya kita harapkan dengan adanya pilot project daerah lain,  dapat menjadi tindakan preventif, pencegahan dampak merkuri terhadap kesehatan masyarakat di Kabupaten Paser,” kata  Rosa Vivien menutup penjelasannya.

Sedangkan Bupati Paser Fahmi mengatakan,  kegiatan pertambangan emas yang dilakukan di Kabupaten Paser selama ini ada didua kecamatan yakni Muara Komam dan Batu Sopang

“Kerjasama ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran lingkungan yang telah terjadi di Kecamatan Muara Komam dan Batu Sopang,” katanya.

Dengan terbangunnya fasilitas pengolahan ini lanjut Bupati, para penambang rakyat dapat terbiasa menggunakan metode pengolahan emas bebas merkuri, sehingga sasaran penghapusan penggunaan merkuri pada aktivitas pertambangan emas skala kecil bisa terwujud. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1263 detik dengan memori 0.94MB.