Berita:Pembukaan STQ Dalam Suasana Kesederhanaan

Siaran Pers

TANA PASER- Dalam suasana kesederhanaan,  Bupati Paser melalui Sekretaris Daerah (Setda) Paser H AS Fathur Rahman, resmi membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Paser tahun 2017, Selasa (24/4) malam.

          Pembukaan STQ  yang digelar di Gedung Awa Mangkuruku  yang akan berlangsung  hingga Kamis (27/4)  diikuti 162 qori dan qoriah dari 10 kecamatan, diawali pembacaan Ayat Suci Alquran, Laporan Kepala Kemeterian Agama  Muhlis Hasan, pelantikan dewan hakim dan ditutup dengan Haflah atau lantunan ayat Alquran oleh 5 dewan hakim dan ditutup penampilan kelompok Hapsih.

          Selain itu, pembukaan  seleksi musabaqah untuk mencari terbaik qori dan qoriah yang akan mewakili Kabupaten Paser pada ajang MTQ tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Panajam Paser  Utara, dihadiri Ketua DPRD Paser H Kaharuddin, Asisten Kesra selaku Ketua LPTQ Paser H Asmuni Samad serta sejumlah pimpinan SKPD, camat dan kafilah dari 10 kecamatan.

          Kepala Kementerian Agama Muhlis Hasan  mengatakan, tujuan utama dari STQ  adalah untuk menjaring peserta tilawah Quran dan fahmil terbaik yang keluar sebagai jawara untuk mewakili kabupaten Paser  sebagai duta dalam mengikuti lomba MTQ Kaltim 2017 di PPU.

          Selain itu tujuan lainnya sebut Muhlis sebagai ajang untuk membina tali silaturahmi di antara peserta agar ada keharmonisan dan kerukunan yang tercipta lewat ajang Musabaqah.

Menyangkut lokasi STQ sebutnya,  berlangsung di delapan majelis atau lokasi, yakni tilawah remaja dan dewasa di Masjid Agung Nurul Falah, qiraat dan tilawah anak-anak di Masjid At Taqwa Kandilo Bahari, 1 juz, 5 juz, tuna netra dan tartil di Masjid Al Kahfi Pondok Pesantren Bina Islam Putra, serta 10 juz, 20, juz, 30 juz dan tafsir di Masjid Ar Raudah Tanak Periuk. Lantas Fahmil Quran atau Cerdas Cermat di Aula MTs Negeri Tanah Grogot, Syarhil Quran aula Kantor Kementerian Agama, Khattil Quran atau kaligrafi di MAN Tanah Grogot, serta Makalah Al Quran di Ruang Rapat Sadurangas Pemkab Paser. (har-)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1215 detik dengan memori 0.94MB.