Berita:Pelabuhan Muara Telake akan Dibangun melalui Dana APBN

Siaran Pers

TANA PASER – Di awal kepemimpinan Bupati dr Fahmi Fadli dan Wabup Syarifah Masitah Assegaf, Paser mendapatkan kabar baik bahwa Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perhubungan RI akan membangun pelabuhan di Muara Telake yang akan menjadi pelabuhan multi purpose dengan angkutan logistik, penumpang dan barang.

Kepastian ini disampaikan Menteri Perhubungan melalui Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Ir Cucu Mulyana DESS kepada Bupati Paser dr Fahmi Fadli saat bertemu pada Jumat (12/3) pagi di lantai 10 Gedung Direktorat TSDP.

Menurut Cucu, alokasi dana untuk pembangunan ini sudah tersedia sebanyak 24 miliar di dokumen APBN Tahun Anggaran 2021. Hanya saja Cucu mengatakan agar ada review desain dalam waktu dekat, karena menurutnya, desain yang ada sekarang sangat sederhana untuk pelabuhan yang akan menjadi salah satu pintu gerbang transportasi sungai menuju calon Ibu Kota Negara yang baru.

“Saya minta Pemerintah Kabupaten Paser bersama salah satu Sub Direktorat TSDP melakukan review desain dermaga. Buatlah sedemikian rupa sambil pertimbangkan sisi kapasitas dan arsitektur. Jika dengan review ini ada kenaikan dana, tidak masalah,” tegasnya.

Cucu lalu membandingkan dermaga di Danau Toba yang memiliki gaya arsitektur kelas internasional. “Dan kebetulan Menteri kita (Perhubungan) sekarang adalah orang artitek, jadi beliau sangat perhatian terhadap gaya arsitektur bangunan sarana transportasi,” jelasnya.

Bupati Fahmi hadir didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ina Rosana, Kadis Perhubungan Inayatullah beserta Kasi Kepelabuhanan Joko Sulistyo. Hadir pula Anggota Komisi V DPR RI H Sungkono, yang disebut-sebut sebagai aktor dibalik suksesnya alokasi dana APBN untuk membangun dermaga di Paser. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1387 detik dengan memori 0.95MB.