Tana Paser –“Untuk
membangun city branding terlebih
dahulu harus mengenali daerahnya” tegas Ridwan Kamil (RK) Gubernur Jawa Barat saat menjadi keynote speaker pada Indonesian City Government Public Relations
Summit 2018, di Bandung, kamis (4/10). Acara ini dihadiri 200an lebih oleh
para Pejabat Humas dan Pranata Humas. Dibagi dalam tiga sesi dengan narasumber
dari kalangan akademisi dan praktisi.
Lebih lanjut RK
memaparkan pengalamannya ketika menjadi walikota Kota Bandung bahwa ada tiga
tugas utama Humas Pemerintah yaitu manajemen berita baik dengan membuat
instrumen yang komunikatif, damage control atau menangani berita buruk dan tanggap
menjawab persoalan warganya. Dan branding
baik terhadap daerahnya dan pemimpin yang merupakan representasi daerahnya.
Isu city branding (merek kota) menggejala
diseluruh Indonesia. Hampir semua daerah telah bergerak melakukannya. Bagaimana
dengan Kabupaten Paser? (hum-df).