Berita:Maret, Pemkab Paser Gelar Car Free Day

Siaran Pers

TANA PASER - Pemerintah Kabupaten Paser direncanakan akan kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day pada 5 Maret 2017 di sepanjang jalur dua Jalan Yos Sudarso (Siring Kandilo) tepatnya di depan Lapangan Garuda hingga halaman Masjid Agung Nurul Fallah. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Bagian Bina Kesra I Nonding, saat memimpin rapat di Ruang Telake, Sekretariat Daerah Kab. Paser dalam rangka persiapan pelaksanaan car free day, Selasa (14/2) kemarin.

Rapat dengan agenda pembentukan panita pelaksana kegiatan tersebut, turut dihadiri Kabid Perhubungan Darat beserta Kabid Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan,  Kabid Pengolahan Sampah Dinas Lingkungan Hidup,  Sekcam dan Lurah Tanah Grogot,  Kasi Perlindungan Anak DPPKBPPPA,  perwakilan Dinas Pendidikan Kab Paser, Bank Kaltim,  Polres Paser, PDAM  Tirta Kandilo, dan Persatuan Olahraga Senam Kab Paser.

“Dengan tema, segar udara kotaku sehat ragaku, car free day rencananya akan kita selenggarakan mulai tanggal 5 Maret 2017 mulai pukul 06:00 – 10:00 pagi,” ujar Nonding.

Kegiatan car free day ini nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti senam masal, jalan sehat, sepeda santai, dan kegiatan dari beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Paser.

“Selain kegiatan olahraga, juga akan kita isi dengan penampilan pentas seni dan budaya daerah. Akan kita sediakan pula wisata kuliner dan promosi produk UKM di sekitar Arena MTQ Putri Petung,” tambahnya.

Di samping dapat menjadi alternatif menarik untuk menyediakan ruang terbuka bagi masyarakat Paser, kegiatan car free day ini  juga sebagai salah satu sarana motivasi masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga sambil menghirup udara yang bersih dan bebas polusi, sebagai bentuk kesadaran terhadap pola hidup sehat.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Pemuda, Olahraga dan Pariwisata pada Bagian Bina Kesra I Muhammad Ramli mengatakan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Paser Car Free Day yang beberapa tahun sebelumnya pernah digelar.

“Memang beberapa tahun yang lalu kegiatan car free day ini sudah pernah dilaksanakan dan sempat terhenti. Namun kita berharap mulai bulan Maret nanti, kegiatan ini dapat berlangsung rutin setiap hari Minggu nya,” ungkap Ramli.

Ramli menambahkan, dengan dipilihanya jalur dua Jalan Yos Sudarso (Siring Kandilo) mulai depan Lapangan Garuda hingga Masjid Agung Nurul Fallah sebagai lokasi pelaksanaan car free day, otomatis kawasan jalan tersebut akan ditutup untuk kendaraan bermotor. Selain itu akses untuk menuju kawasan car free day seperti Jalan Anden Segendang (depan Puskesmas Tanah Grogot, sebelah lapangan Garuda), Jalan Modang (depan kantor Badan Pendapatan Daerah, ex kantor Diskominfo), Jalan Cut Nyak Dien (sebelah Kantor Bank Kaltim) dan  jalan di kanan kiri Halaman Masjid Agung Nurul Fallah juga akan ditutup untuk kendaraan bermotor. (anc)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1044 detik dengan memori 0.95MB.