Berita:MAN IC Paser Menerima Kunjungan Studi Tiru Kemenag Samarinda

Siaran Pers

Tana Paser - Meski sudah memasuki masa libur semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dan suasana pandemic covid-19, Senin(21/12/2020), MAN Insan Cendekia Paser kembali menerima kunjungan silaturrahim dari Rombongan Kementerian Agama Samarinda yang dipimpin langsung oleh Kepala Kemenag Samarinda Drs.H. Masdar Amin bersama Kepala-kepala Seksi dan beberapa staf dengan jumlah rombongan sebanyak 12 orang. Acara silaturrahim bertajuk Kunjungan Studi Tiru di MAN Insan Cendekia Paser berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan dan keakraban.

Dalam sambutannya, Masdar Amin menyampaikan ucapan ribuan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas sambutan yang luar biasa dari Kepala MAN IC Paser dan para guru serta tenaga kependidikan. Kedatangan kami ke sini adalah untuk silaturrahim dan ingin mengetahui lebih jauh dan mendalam tentang pengelolaan pendidikan dan dan pelayanan terpadu di MAN IC Paser untuk selanjutnya pengetahuan dan wawasan yang baik yang kami dapatkan dari Studi Tiru ini akan kami bawa pulang dan kami tiru penerapannya di Kemenag Samarinda. Kami juga ingin tahu bagaimana rekruitman peserta didik baru, pembinaan santri, dan pengelolaan MAN IC secara umum. Harapan kami, setelah silaturrahim ini akan ada silaturrahim selanjutnya, baik itu Kemenag Samarinda maupun yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan khususnya madrasah-madrasah yang ada di Samarinda. Semoga silaturrahim hari membawa keberakahan bagi kita semua. 

Sementara itu, Kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam, M.Pd.I, juga menyampaikan terima kasih dan bersyukur kepada Allah atas kunjungan silaturrahim Kemenag Samarinda. Secara pribadi juga bersyukur kepada Allah karena bertemu dengan guru kami (H. Masdar Amin) dan teman-teman kuliah di S1 dan S2 IAIN Samarinda. Dalam sambutannya, Mantan Waka Humas dan Waka Keasramaan MAN 2 Samarinda ini menyampaikan beberapa kunci mengelola MAN IC Paser, diantaranya belajar, belajar, dan belajar kepada madrasah-madrasah lain. Sembari mengutip Hadis Nabi SAW,”Barangsiapa yang ingin meraih(sukses) dunia hendaklah disertai dengan ilmu, barangsiapa yang menghendaki akhirat hendaklah disertai dengan ilmu, dan barangsiapa yang menghendaki keduanya(sukses dunia dan akhirat) hendaklah disertai dengan ilmu.”, dengan landasan inilah, pada awal berdiri MAN IC Paser, kami belajar ke MAN 2 Samarinda, SMA Melati Samarinda dan sekolah-sekolah unggul lainnya. Alhamdulillah, di awal berdirinya kami sudah diberikan kemampuan menunjukkan prestasi tingkat nasional. Kunci berikutnya, kami selalu tanamkan kepada guru dan tenaga kependidikan tentang pentingnya komitmen dan pengabdian dalam memajukan MAN IC Paser. Semboyan yang selalu kami gaungkan dan amalkan adalah “Belajar dan Bekerja itu Ibadah dan Prestasi itu adalah Dakwah.” Kunci berikutnya adalah, kami selalu “angkat tangan” dalam arti menyerah dan menyerahkan semua persoalan hidup kami kepada Allah melalui doa-doa yang kami panjatkan kepada Allah. Setelah kami berdoa dan berikhitiar, hasilnya kami serahkan kepada Allah. Terakhir, kami selalu berusaha menjaga kebersamaan. Bekerja sama dan sama-sama bekerja. 

Selanjutnya, Khoirul Anam memaparkan Visi dan Misi serta Tujuan dan Target MAN IC Paser. Berikutnya disampaikan pula 11 Program Unggulan yang dimiliki oleh MAN IC Paser yaitu: Madrasah riset; KBS(Klub Bidang Studi); Tahfizul Quran dan Hadis Arbain; Klinik dan Responsi Belajar; Guru Asuh; Studi Kolaborasi dan Home Stay; Pendampingan Belajar Malam; Bimbingan Intensif UN/UAMBN dan Masuk PTN); Pembinaan Keagamaan dan Qiraatul Kutub; Pembelajaran Sistem SKS dan Moving Kelas; Pembinaan Kebahasaan.

Pada akhir acara dilaksanakan pembagian cendera mata dari Kemenag Samarinda kepada MAN IC Paser dan dari MAN IC Paser kepada Kemenag Samarinda, kemudian ditutup dengan foto bersama antara rombongan Kemenag Samarinda dengan unsur Pimpinan MAN IC Paser. humas_ICPaser

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.3917 detik dengan memori 0.94MB.