Berita:Kamad MAN IC: Sabar, Jaga Stabilitas, dan Bertakwa

Siaran Pers

Tana Paser - Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, MAN Insan Cendekia Paser menyelenggarakan Rapat Dinas yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Khoirul Anam, M.Pd.I yang diikuti oleh seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN IC Paser, Senin (02/11/2020) di Kampus MAN IC Paser.

Dalam mengawali arahannya, Khoirul Anam mengutip Firman Allah SWT Surat Ali-Imran ayat 200. Ada tiga substansi kandungan dalam ayat tersebut: Pertama, bersabar dan saling membahu dalam menetapi kesabaran. Jika dikaitkan dengan kondisi saat ini, kita dituntut untuk bersabar dan saling membahu antarsemua unsur yang ada di MAN IC dalam menghadapi musibah pandemic covid-19, terutama dalam mensukseskan program MAN IC Paser 2020. Kedua, menjaga stabilitas di perbatasan negeri. Dalam tafsiran bebasnya, Semua GTK harus punya komitmen untuk selalu menjaga stabilitas MAN IC Paser, agar tetap solid, aman, hebat, dan bermartabat. Ketiga, Bertakwa kepada Allah. Kepada seluruh GTK MAN IC Paser agar senantiasa bertakwa kepada Allah dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan penilaian tengah semester yang telah dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober lalu. Diharapkan penilaian yang diberikan kepada siswa dapat menyelamatkan posisi siswa atau masa depan siswa agar tetap aman dan dapat diterima di Perguruan Tinggi pavorit yang ada di Indonesia dan di luar negeri. Juga disampaikan progress serapan anggaran tahun 2020. Dalam kesempatan itu pula, Khoirul Anam menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing para siswa dalam setiap even lomba yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi sehingga dapat meraih prestasi, juara dan menjadi medalis, baik di tingkat provinsi maupun Nasional. Diantara prestasi siswa yang telah dicapai : Tingkat Nasional pada ajang Indonesian Youth Science Competition (IYSC) yang dialaksanakan oleh lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI), Aqila Ariyanti (Medali Perak Geografi), Muakhila Feby Bariya (Medali Perak Biologi), Dewi Isayana (Medali Perunggu Biologi), Luvita Dwi Arifta Vebrianti (Medali Perak Astronomi), Syah Muhammad Sulthon (Medali Perak Astronomi), dan Andi Muhammad Rouzan Ilham (Medali Perunggu Astronomi), Finalis Madrasah Youth Researches Competition(MYRES), Juara 1 PICORY, Juara 1 Digital Kamishibai, dan Juara 1 Olimpiade Sejarah tingkat Privinsi Kaltim-Kaltara yang dilaksanakan oleh Universitas Mulawarman Samarinda.    

Sementara itu, Wakamad Bidang Akademik, Dr. H. A. Ruslan Afendi, M.Ag., bersama tim Akademik menyamapaikan evaluasi terkait pelaksanaan Penilaian Tengah Semester secara online(daring) antara lain: Dari sisi perangkat sering terjadi low atau habis baterai, lupa dicash, dan HP di bawa atau digunakan orangtua atau kakak untuk bekerja. Dari sisi jaringan, Signal hilang jika mati lampu, jaringan tidak stabil saat hujan. Dari sisi kesehatan; siswa tidak enak badan/sakit, siswa kesiangan atau ketiduran dan taka da yang membangunkan. Dari sisi waktu, masih ada siswa yang mengerjakan soal yang tidak sesuai waktunya dan durasi waktu mengerjakan soal tidak dapat dipantau. Guru SKI ini berharap semoga beberapa kendala tersebut dapat diatasi saat Penilaian Akhir Semester nanti.

Sedangkan hal yang terkait persiapan pelaksanan Penilaian Akhir Semester(PAS), Koordinator Evaluasi, Idmat Hajar Ismail, S.Pd., menyampaikan sebelum pelaksanaan PAS yang dijadwalkan 30 Nopember – 09 Desember 2020, akan ada simulasi sebanyak 3 kali yakni 21,27, dan 28 Nopember 2020, proktor dan panitia mengenali menu aplikasi dan penanganan yang akan diambil jika ada masalah di lapangan, siswa melakukan update Google Chrome ke versi terbaru dan secara rutin melakukan clear browsing data, untuk guru dan panitia agar selalu mengingatkan siswa untuk mengcash perangkat beberapa jam sebelum pelaksanaan penilaian dan meminta kerja sama dengan orang tua agar mendukung dan mengawasi pelaksanaan PAS di rumah.*(ismail_ICPaser

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1240 detik dengan memori 0.95MB.