Berita:Jadi Nominator Penghargaan Ape Kementerian PPPA Ri, Masitah Ajak Semua Elemen Berikan Dukungan

Siaran Pers

Tana Paser – Dilaksanakan secara virtual di ruang rapat Bappedalitbang (25/03) Kegiatan verifikasi lapangan dilakukan oleh Deputi Bidang Kesetaraan Gender Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, SH didampingi Sekda Drs. Katsul Wijaya, M.Si dan beberapa Kepala OPD, Ormas, PGRI, Himpaudi dan Kampung Dongeng Paser merupakan kegiatan verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yaitu bentuk pengakuan atas komitmen dan Peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Diawali sambutan Deputi Bidang Kesetaraan Gender  Kementerian PPPA RI, Ir. Agustina Erni. S, M.Sc yang menerangkan bahwa pengarus utamaan gender sebagai isu lintas sektoral dan berpengaruh langsung terhadap capaian pembangunan manusia, menjadi tanggungjawab bersama,   dengan verifikasi tim dapat memperoleh data yang lebih lengkap, komprehensif, dan objektif. Ini sebagai bahan penyusunan Indeks Persamaan.

Kabid PUG dan PP  Dr. Kasrani, M.Pd  mengatakan materi verifikasi terdiri dari dua aspek mencakup kelembagaaan dengan tujuh prasyarat yang harus dilaksanakan yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM, metode, data pendukung dan partisipasi masyarakat. terkait pelaksanaan PUG mencakup kebijakan PUG, kebijakan pemberdayaan perempuan, program dan partisipasi masyarakat, kami juga  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu melengkapi data-data yang diperlukan dalam Verifikasi APE”, ungkap Kasrani.

Kepala DP2KBP3A Dra. Hadijah mengharapkan tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang kami mampu mewujudkan Kabupaten Paser menjadi kabupaten yang adil bagi segala lapisan masyarakat. “Oleh sebab itu kami senantiasa memperoleh dukungan, arahan dan bantuan dari Kementerian PPPA RI, tambahnya.

Kepala Bappedalitbang selaku Ketua Pokja PUG Muksin, SS,MA menjelaskan secara detail pencapaian yang telah diraih Kabupaten Paser dalam pembangunan berbasis gender. Hal itu dikuatkan lagi dengan penjelasan dari Sekda, Dinas P2KBP3A, Inspektorat, Dinas PUTR, Tokoh Gender Champion, PGRI  dan Dinas Kominfostaper.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Paser Masitah menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PPPA RI khususnya Deputi Bidang Kesetaraan Gender yang telah memilih Kabupaten Paser sebagai salah satu nominator calon penerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 karenanya wajib kita dorong agar semua elemen dan lapisan masyarakat memberikan dukungan.

Hal itu sejalan dengan konsep pembangunan yang akan diterapkan adalah pembangunan yang berkeadilan dan merata sampai ke seluruh pelosok Kabupaten Paser. Hal tersebut tertuang dalam pemerintahan kami, isu tentang gender diusung dalam visi Kabupaten Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) dan dalam misi kami yaitu mendorong peranan perempuan sehingga program dan kegiatan yang disusun berbasis pengarusutamaan gender”, jelas Masitah. (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1180 detik dengan memori 0.95MB.