Berita:Inovasi Sejalan dengan Paser MAS

Siaran Pers

Tana Paser – Akhirnya pemenang Lomba Inovasi Daerah diumumkan yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf SH di Pendopo Lou Bapekat (selasa, 24/8). Masitah dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk meningkatkan daya saing daerah dan kualitas hidup masyarakat dibutuhkan inovasi. “Inovasi menjadi bagian dasar yang tidak terpisahkan dalam  pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Reformasi Birokrasi dilakukan untuk memperbaiki penyakit-penyakit di sektor publik melalui pembaruan di 8 area sasaran yaitu organisasi, tata laksana, peraturan perundangundangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik, dan mindset serta cultural set aparatur. Hal ini tentunya sejalan dengan  Paser MAS ”, ungkapnya.

Untuk diketahui pada kepemimpinan  mereka Fahmi – Masitah, telah ditetapkan misi hingga tahun 2026 yaitu: mewujudkan perekonomian daerah yang mandiri dan berdaya saing; meningkatkan tata kelola permerintahan yang efektif dan efisien melalui pemerintahan yang profesional, partisipatif dan transparan; mengurangi ketimpangan antarwilayah melalui peningkatan aksesibilitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.

Masitah didampingi Kepala Bappedalitbang menyerahkan piala kepada masing-masing juara. Yaitu untuk kategori Inovasi Perangkat Daerah (uji coba), juara I diraih Tim Bidang Aplikasi Informatika (Diskominfostaper) dengan inovasi DASHBOARD EKSEKUTIF. Kemudian diborong juara II, III dan Harapan I oleh Dr H Kasrani, Spdi MPd (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dengan inovasinya SI DATA EMPUK (Sistem Informasi Gender Perempuan dan Anak), GERMAS PAMAN DAN PUAN LAWAN RAMA SINTA (Gerakan Pemasyarakatan PengarusutamaanGender dan Pemberdayaan Perermpuan  melalui Perguruan Tinggi Menuju Mandiri dan Sejahtera) dan GERMAS PAMAN DAN PUAN RUTIN MANJA (Gerakan Pemasyarakatan PengarutamaanGender dan Pemberdayaan Perempuan  melalui Perguruan Tinggi Menuju Mandiri dan Sejahtera).

Kategori Inovasi Perangkat Daerah (Penerapan) Juara I diraih Tim Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)  dengan inoovasi E-BUEN (Bikin Urusan Enak dan Nyaman). Juara II diraih Tim Bappedalitbang  dengan  inovasi PENGELOLAAN DATA PEMBANGUNAN BERBASIS SIDDA (Sistem Informasi Daerah Dalam Angka). Juara III diraih Tim Disdukcapil, inovasi SILANTIH (Fasilitasi Pelayanan Terpadu Sidang Isbat Nikah) dan juara harapan I oleh Hendrik Latif, SKM dengan SiPaPah GanTeng (Sistem Informasi Pengaduan Sampah dan Gangguan Tentang Lingkungan).

Dan terakhir kategori Inovasi Produk Unggulan Daerah,  juara I diraih Finandar Astaman SSTP dan Eko Arisyandi SIP Msi dengan inovasi Peningkatan Kesejahteraan melalui Pemberdayaan Masyarakat dalam Budidaya Madu Trigona. Juara II dan juara Harapan I oleh Muchammad Rifai Rodi (Posyantek Kecamatan Tanah Grogot dengan inovasi Pengolahan Limbah Plastik menjadi Softcase/Casing HP dan ECO ENZYME yang Bermanfaat bagi Lingkungan dan Pertanian.  Juara III Dakun (Posyantekdes Samurangau binaan Dinas PMD). 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1899 detik dengan memori 0.95MB.