Berita:DPMD Gelar TTG Kelima

Siaran Pers

Tana Paser - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser, Kamis (4/5), mengadakan lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-5 Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2017 yang diikuti peserta dari Pemerintah Kecamatan dan Posyantek se- Kabupaten Paser selama 1 hari di Kecamatan Batu Sopang.

        Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah, dan dalam sambutannya Wabup mengatakan bahwa melalui TTG ke-5 ini masyarakat bisa mengoptimalkan potensi sumber daya untuk meningkatkan ekonomi.
        “Ini merupakan ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat yang tinggal di desa-desa, khususnya di wilayah Kabupaten Paser,” kata Mardikansyah.
        ”Kita berikan kesempatan kepada para pelajar maupun generasi muda dan seluruh masyarakat pada umumnya, untuk memanfaatkan teknologi yang ada supaya tepat guna. Yang pada akhirnya, dapat memasyarakatkan teknologi untuk menumbuhkan budaya entrepreneur dan wirausaha,” ungkapnya.
        “Dengan demikian, diharapkan kedepan bisa memotivasi masyarakat dan generasi muda untuk mampu menciptakan kreativitas ide-ide baru teknologi sederhana yang sangat membantu pengembangan ekonomi masyarakat itu sendiri,” lanjutnya.
        Agar bisa tepat sasaran, kata Wabup, diharapkan kalangan pelajar dan masyarakat umum untuk memanfaatkan bahan-bahan di sekitarnya agar bisa dijadikan teknologi tepat guna. “Ketika hasil karyanya dapat dimanfaatkan masyarakat, berarti memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah dalam pengembangan teknologi tepat guna,” tuturnya.
        TTG mengambil tema yaitu melalui Gelar teknologi tepat guna Kabupaten, Kita Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi Desa dalam rangka mewujudkan kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat menuju Desa Membangun Indonesia.
        Adapun Pemenang dalam Kegiatan TTG kali ini adalah Juara 1 diraih oleh Ferry Iriansyah dari Posyantek Harapan Baru Kecamatan Tanjung Harapan dengan hasil Karya, Box Pendingin Ikan, Juara II diraih Subanto dari Posyantek Telake Kecamatan Long Kali dengan Karya alat pembuat gethuk dan sambal pecel sedangkan Juara 3 diraih oleh Sugiarto dari Posyantek Muru makmur Kecamatan Kuaro dengan Karya Molen sederhana.
        Juara Harapan I diraih Syaiful Rohman dari Posyantek Gawi Taka Kecamatan Batu Sopang dengan karya alat pembuat arang sekam, Juara Harapan II adalah Shafa Shavira Vina Mahyona dari MAN Insan Cendekia Posyantek Harapan Kita Kecamatan Tanah Grogot karyanya adalah Bio Filter Tandan Kosong, Untuk Juara Harapan III adalah M. Ahluddin Ibnu S dari SMAN 1 Tanah Grogot Posyantek Harapan Kita Kecamatan Tanah Grogot.
        Sementara untuk Juara Lomba Stand Pameran Gelar TTG ke V kali ini adalah Juara 1 Kecamatan Batu Sopang, Juara II Kecamatan Longikis, Juara III Kecamatan Tanah Grogot
        Kepala Dinas DPMD Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan, peserta yang menjadi juara nantinya dapat mewakili Kabupaten Paser dalam lomba teknologi tepat guna tingkat provinsi Maupun Nasional. Sehingga, hasil karya teknologi tepat guna bisa meningkatkan produktivitas kesejahteraan masyarakat.
        ”Pemkab Paser melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai fasilitator untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda dan seluruh Masyarakat. Pemanfaatan teknologi, menjadi alat yang tepat guna,” singkatnya. (Sop)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1473 detik dengan memori 0.95MB.