Berita:Bupati Yusriansyah Terbitkan Perbup SOTK Pemerintah Desa

Siaran Pers

TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 55 tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa dan Perangkat Desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Katsul Wijaya melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Ali Nour Muhammad mengungkapkan hal ini saat ditemui beberapa waktu lalu, usai bertemu dengan Bupati untuk penandatanganan Perbup tersebut.

Di dalam Perbup ini, dijelaskan bahwa Pemerintah Desa adalah kepala desa, dibantu perangkat desa yang terdiri dari sekretaris desa, pelaksana teknis dan pelaksana kewilayahan. “Kedudukan perangkat desa penurut Perbup ini adalah unsur pembantu kepala Desa,” terang Ali Nour.

“Seperti Sekretaris Perangkat Daerah, Sekretaris Desa memiliki tiga urusan, yaitu tata usaha dan umum, keuangan, dan perencanaan. Pelaksana teknis memiliki urusan pemerintahan, kesejahteraan dan pelayanan, sementara pelaksana kewilayahan melaksanakan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

“Tak lupa dalam Perbup ini dicantumkan keterwakilan perempuan, dengan harapan pemerintah desa memperhatikan kesetaraan gender di tingkat desa,” kata Ali Nour merujuk pada Bab III tentang Klasifikasi Jenis Desa utamanya di pasal 7.

Ali menyampaikan bahwa struktur perangkat desa ini berbeda sesuai klasifikasi desa yang terdiri dari swasembada, swakarya dan swadaya.

Selanjutnya Ali menyampaikan bahwa dengan Perbup ini DPRD bisa mempercepat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. (aks)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1550 detik dengan memori 0.94MB.