Berita:Bupati Pastikan ex RSUD Siap Menampung Pasien Covid-19

Siaran Pers

TANA PASER – Munculnya varian baru Covid-19 di berbagai daerah membuat Kabupaten Paser mengambil langkah persiapan yang matang. Salah satunya dengan mempersiapkan eks RSUD Panglima Sebaya, yang beberapa waktu lalu digunakan sebagai ruang perawatan bagi pasien asismtomatik atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Untuk itu Bupati Paser dr Fahmi Fadli melakukan peninjauan ke gedung yang terletak di Jalan dr Cipto Mangunkusumo tersebut, untuk melihat dari dekat terkait persiapan tersebut. Didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi, dan Kepala BKAD Abdul Kadir, Bupati mendatangi gedung tesebut. Di lokasi sudah ada dua Kepala Dinas yang menunggu, yaitu Kadis Kesehatan Amir Faisol dan Kadis Sosial Hairul Saleh beserta jajarannya masing-masing.

Bupati Fahmi mengatakan bahwa kunjungannya ini adalah untuk memastikan Paser siap dengan segala kemungkinan naiknya penderita Covid-19 seperti di daerah lain. “Kita berharap semoga ruang isolasi ini tidak terisi, namun kalau memang harus ada pasien maka dipastikan kalau kita sudah siap,” kata Bupati.

Selanjutnya Kadis Kesehatan Amir Faisol mengatakan bahwa ada 4 gedung dan total 80 bed yang disiapkan pihaknya. Saat ini ada 6 orang isinya, yaitu 4 pasien Covid-19 dan 2 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Saat kunjungan Bupati, salah satu dari ODGJ ini berteriak-teriak. Kadinsos Hairul Saleh menjelaskan kondisi yang ada kepada Bupati.

Selain persiapan tempat isolasi, Pemkab Paser juga siapkan personil, terdiri dari 8 paramedis, 3 petugas pengamanan dari Satuan Polisi Pamong Praja dan 5 orang cleaning service.

Kepada semua personil, Bupati menyampaikan beberapa pesan. “Setiap orang harus bisa menjaga diri sebelum penanganan, lindungi diri dari sebelum menolong orang lain, lengkapi diri dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap, ikuti Standar Operasional Prosedur (SPO) dan upayakan jangan sampai terpapar Covid-19,” pesan Bupati.

Tak lupa Bupati ingatkan Kadis Kesehatan dan Kepala BKAD agar mempercepat proses pencairan untuk segala keperluan di rumah isolasi Covid-19 ini. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1320 detik dengan memori 0.94MB.