Berita:Bupati Paser Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Siaran Pers

Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi, Ketua DPRD Paser H Kaharuddin, Sekda Paser AS Fathur Rahman dan Kepala Dinkes Paser I Dewa Made Sudarsana saat mengikuti senam Germas massal


TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser mencanangkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Jumat (25/8) pagi di halaman kantor Bupati Paser. Pencanangan dilakukan oleh Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi dihadapan ratusan peserta senam Germas massal yang terdiri perwakilan staf dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Paser, ASN dilingkungan Setda Paser, anggota Polres Paser, perwakilan perusahaan, serta kader kesehatan.

Selain senam massal, acara tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung Germas di Kabupaten Paser, kegiatan jalan sehat, makan buah dan minum jamu bersama, serta cek kesehatan gratis.

Turut hadir Ketua DPRD Paser H Kaharuddin, Wakapolres Paser Kompol Bambang Herkamto, Sekda Paser AS Fathur Rahman, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Paser Hj Mutiarni Yusriansyah Syarkawi, para Staf Ahli dan Asisten, serta Kepala OPD dilingkungan Pemkab Paser.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser I Dewa Made Sudarsana mengatakan, pencanangan Germas ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, tentang gerakan masyarakat untuk hidup sehat. Selain itu kesehatan merupakan kebutuhan dasar hidup semua masyarakat, namun dewasa ini kesadaran prilaku hidup sehat masyarakat semakin berkurang.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat Paser untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, dengan cara CERDIK”, ujar Dewa.

Pertama adalah C yaitu cek kesehatan secara rutin, lalu E yaitu enyahkan asap rokok, R rajin beraktifitas fisik atau berolahraga, D yaitu diet seimbang dengan mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan, lalu I yaitu istirahat cukup, dan yang terakhir, K yaitu kelola stress.

Sementara Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi  dalam sambutannya mengatkan, pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

“Pola hidup sehat ini sepintas sederhana, dan dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar”, jelas Yusriansyah.

Ia juga menghimbau kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser agar mengikuti pola hidup sehat yang dianjurkan oleh Germas dan lebih mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh masyarakat dalam mengembangkan paradigma hidup sehat.

“Saya instruksikan Dinas Kesehatan sebagai instansi leading sektor agar dalam menyukseskan Germas, secara aktif menggandeng dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan lembaga disektor lainnya, dalam mempraktekkan pola hidup sehat”, tambah Yusriansyah. (hum-anc)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1170 detik dengan memori 0.94MB.