Berita:Bupati Panen Rumput Laut di Desa Maruat Long Kali

Siaran Pers

TANA PASER- Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj Mutiarni Yusriansyah dan masyarakat Desa Maruat Kecamatan  Long Kali ,  melakukan panen rumput laut di kawasan tambak, Rabu (18/4).

        Panen rumput laut di desa berbatasan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ini, juga dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang H Bahctiar Efendi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakatdan  Desa Katsul Wijaya, Plt  Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Abdul Rasul, Camat Long Kali Riski Noviar dan Kapolsek Long Kali.

        Menurut Kepala Dinas Perikanan Paser Ina Rosana, pengembangan rumput laut di kawasan tambak oleh masyarakat  Maruat  dilakukan sejak 2015 dengan  luas 230 hektar oleh dua kelompok petani.

        “Masyarakat Maruat dalam budidaya rumput laut  seluas 230 hektar mampu memproduksi  3,5 ton  setiap sekali panen,  dengan masa panen antara 40 sampai 45 hari,” sebut mantan Camat Tanah Grogot ini di hadapan Bupati.

           Dikatakannya, budidaya rumput laut ternyata juga tidak menganggu budidaya bandeng dan udang yang sudah ada sebelumnya. Dengan adanya rumput laut justru bandeng dan udang semakin bagus bahkan bisa dipanen secara bersamaan.

        “Ini tentunya memberikan harapan baru bagi masyarakat Maruat  akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi dengan menanam rumput laut hasil yang dicapai cukup besar dan cukup menjanjikan. Selain harga yang relatif stabil, peluang ekspor juga sangat terbuka,” ujar ina.

           Selain itu menurut Ina,  hasil budidaya rumput laut tersebut telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat di antaranya dari  aspek perbaikan ekonominya karena membuka lapangan kerja.

         “Hasil rumput laut kering  para petani itu dijual ke Sulawesi Selatan dan Surabaya dengan harga perkilonya Rp 4.500, dan untuk wilayah Paser saat ini ada dua kawasan pengembangan rumput laut, yakni desa Meruat dengan sistem pengembangan tambak dan desa Pondong dilakukan  di perairan laut,” tambahnya. (har-)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1187 detik dengan memori 0.95MB.