Berita:Buka Puasa Bersama & Evaluasi Covid-19 di Gelar di Rumah Jabatan Wabup

Siaran Pers

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan evaluasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Paser.

Berbagai pihak dalam rapat evaluasi yang digagas Kesbangpol  tersebut menyampaikan informasi terkini, seperti kendala, solusi maupun regulasi terhadap perkembangan penanganan Covid-19 di wilayah Bumi Data Taka.

Rapat yang dirangkai buka Puasa bersama, Senin (19/4) dilaksanakan di rumah jabatan Wabup serta hadir  Wabup Hj Sarifah Masitah Assegaf dan  Ketua DPRD Hendra Wahyudi.

Sedangkan unsur Forkopimda dihadiri Kapolres Paser AKBP Eko Susanto,  Dandim 0904 TNG Letkol Czi Widya Wijanarko, mewakili Kejaksaan, Sekda Katsul Wijaya, jajarab Asisten serta sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab Paser.

Selain itu juga hadir Kepala Kementerian Agama, Camat Tanah Grogot, Ketua MUI, NU dan unsur Forum kemasyarakatan  dan tokoh  agama.

Evaluasi penanganan protokol kesehatan yang dimaksud dari pelaksanaan ibadah selama Ramadhan, pasar ramadhan hingga kesiapan angkutan lebaran dan pelaksanan vaksin dan penegakan disiplin Covid-19.

Dari laporan Kadis Kesehatan maupun Direktur  RSUD Panglima Sebaya menyebutkan,  tren  pasien covid mengalami penurunan. Tercatat untuk RSUD Panglima Sebaya jumlah pasien Covid sebanyak 13 orang. Sedangkan yang masih menjalani isolasi karantina di exs rumah sakit Panglima Sebaya mencapai 20  orang. Untuk  pelaksanaan vaksi baik tenaga kesehatan maupun pelayan publik telah dilakukan dan saat ini berjalan untuk usia lanjut.

Penegakan disiplin dilaporkan tim gabungan mengalami penurunan untuk pelanggaran pengunaan masker,  dan pelaksanaan disiplin protocol kesehatan  terus dilakukan pada waktu -waktu tertentu.

Sementara, Dandim Widya Wijanarko berharap posko Covid 19 tetap berjalan baik desa hingga kecamatan. Selain itu Dandim tetap menghimbau masyarakat untuk tidak mudik, dan aturannya menunggu keputusan Gubernur.

Sedangkan Kapolres Eko Susanto  mengatakan, dengan penurunan dari zona merah ke oranye menandakan  meningkatnya kepatuhan masyarakat akan disiplin kesehatan.lalu Kapolres juga berharap peningkatan vaksin untuk  usia lanjut yang masih tidak memenuhi target pencapaian untuk diberi pemahaman.

Sementara, Wabup Masitah dalam sambutannya mengaku bersyukur dengan penurunan jumlah positif covid yang ditandai dari  zona merah ke zona oranye dan berharap seluruh tim bersama jajaran terkait  untuk lebih meningkat kinerja dalan upaya mendisiplinkan masyarakat dalam protokol kesehatan

Untuk pelaksanaan ibadah di masjid saat bulan suci Ramadan yang saat ini telah berjalan,  Wabup Masitah berpesan  tetap menerapkan protokol kesehatan guna terhindar dari penularan Covid-19 yang sesuai diputuskan Kementerian Agama RI, bahwa umat boleh melaksanakan kegiatan agama di masjid, tetapi dengan beberapa ketentuan protokol kesehatan.

Wabup perempuan pertama di Paser ini juga berpesan tim gabungan  tetap melakukak razia disiplin dimasyarakat pada tempat umum diantaranya pasar ramadhan dan lokasi berkumpul lainnya,  dan antisipasi kehadiran  pasar dadakan menjelang Idul Fitri. (humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1221 detik dengan memori 0.94MB.