Berita:YAMKT Kaltim Sosialisasi Masuk SMA Widya Praja Untuk Siswa Miskin

Siaran Pers

TANA PASER- Sekretaris daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya , Selasa (13/10)  menerima pengurus Yayasan Abdi Masyarakat Kalimantan Timur (YAMKT) diruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser.

Kehadiran YAMKT  dalam rangka sosialisasi dan upaya menjalin kerjasama antara SMA Widya Praja Samarinda dengan Pemkab Paser yang selama ini menjadi bagian Yayasan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKA PTK) Kaltim.

Saat menerima pengurus YAMKT  yang diantaranya hadir ketua umum Hamka Halek dan Sekretaris Hatabul Hidayat, Sekda Katsul Wijaya didampingi Asisten Administrasi Umum Arief Rahman, Kabag Kerjasama Abu Bakar Sidik serta mewakili Kabag Kesra dan Kepala Bappedalitbag.

Selain itu juga hadir  seluruh Camat, Ketua Umum IKA PTK Paser Faulina Widriyani serta pengurus Abdullah dan Kasubag Protokol Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Paser M Yatiman.

Untuk diketahui,  SMA Widya Praja  yang berada di Jl Lai (Voorfo) Samarinda merupakan Yayasan Abdi Masyarakat Kalimantan Timur. Sekolah yang berdiri 20 Juli 1987 ini mampu mencetak lulusan berkualitas sebagai calon-calon pemimpin bermoralitas dan berintegritas dengan pengurus  para senioritas alumni kepamongprajaan atau mereka yang tergabung dalam IKA PTK Kaltim.

Yang menarik dalam pertemuan yang langsung dipimpin Sekda, Pemkab Paser akan  berupaya membuka peluang bagi siswa lulusan SLTP di Kabupaten Paser  yang secara ekonomi kurang mampu untuk menempuh pendidikan di SMA Widya Praja, dan selanjutnya Pemkab Paser melakui Bagian Kerjasama akan  mengkaji rencana tersebut.

Sekda Katsul Wijaya mengatakan, Pemkab Paser siap bekerjasama untuk membuka peluang bagi putra-putri Kabupaten Paser kurang mampu secara ekonomi, agar dapat mengenyam pendidikan di SMA Widya Praja.

“Pormulnya nanti kita bicarakan, melalui beasiswa atau pola lain. Harapanya adalah putra –putri didesa yang secara ekonomi kurang mampu. Sesuai masukan Ketua IKA PTK Paser dan Camat, bisa juga melalui pola bantuan dana desa atau anggaran CSR di desa,” kata Sekda.

 Katsul Wijaya menyampaikan bahwa Pemkab Paser melalui para Camat  akan merekomendasi siswa SMP yang kurang mampu melanjutkan pendidikan di SMA Widaya Praja karena sesuai tujuanya sekolah ini berorientasi pada wawasam kebangsaan dan lingkungan,  sehingga mempermudah bagi siswa apabila ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Kedinasan.

Ketua umum YAMKT Hamka Halek mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mencari siswa-siswa Paser. Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan informasi kepada Sekda Paser untuk memberikan rekomendasi bagi siswa yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di SMA Widya Praja.

Hamka mengatakan, untuk meningkatkan kontribusi dalam pembangunan di bidang pendidikan, pada tahun ajaran 2021/2022 YAMKT menggagas sekolah gratis dengan tujuan untuk membantu anak didik  yang kurang mampu.

“Selain menerima siswa lulusan SLTP, kita juga membuka kesempatan siswa yang putus sekolah,” sebut Hamka. Seraya kembali menyebutkan,  bahwa pihaknya merancang class program untuk tahun pembelajaran 2019/2020, dengan aspek pelatihan kepamongprajaan.  

Selanjutnya Hamka mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Paser  yang telah menyediakan waktu dan fasilitas sehingga dapat menyelenggarakan sosialisasi dan upaya kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan SMA Widya Praja.

“Semoga siswa-siswi dari SMP di wilayah Kabupaten Paser yang tidak mampu bisa bergabung bersama rekan-rekan yang lain dari seluruh wilayah Kaltim menjadi Siswa-siswi SMA Widya Praja,” ucapnya. (humas)

 


<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1702 detik dengan memori 0.96MB.