Berita:Wabup Sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 Tentang RAN P4GN

Siaran Pers

TANA PASER- Wakil Bupati Paser H Kaharuddin selaku Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Paser mengikuti Sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020.

Sosialisasi yang digelar secara virtual dengan BNN Pusat di ruang kerja Wakil Bupati, Kamis (9/7) diikuti jajaran pengurus BNN Paser,  tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN)? Tahun 2020-2024.

Wabup Kaharuddin  mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Paser mendukung kegiatan sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Diakuinya, Kabupaten Paser menjadi daerah di Kaltim yang tergolong tinggi dalam peredaran narkoba, untuk itulah mantan Ketua DPRD Paser dua periode ini  mengajak semua pihak terkait bekerjasama memberantas peredaran narkoba.

Menurut Kaharuddin, dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayah Paser, yang paling  penting sinergitas antar instansi. Artinya  permasalahan narkoba merupakan permasalahan bersama. Tidak terikat kepada tanggung jawab satu pihak, namun semua elemen masyarakat diminta berpartisipasi dalam menekan penyalahgunaan narkoba. 

"Harus selalu bekerjasama untuk mencegah peredaran narkoba. Kita tidak akan bisa sendiri dalam memberantas narkoba harus semua kalangan ikut membantu," imbuhnya.

Untuk diketahui, selama ini  Kabupaten Paser  telah melakukan berbagai langkah dalam upaya menekan penyalahgunaan narkoba. Seperti sosialisasi mengenai bahaya narkoba serta upaya lainnya dari Pemerintah  dan instansi terkait. Sasarannya adalah para remaja yang rentan terimbas dari efek buruk narkoba.

Karena itu, Wabup dalam setiap kesempatan selalu menghimbau  kepada masyarakat Kabupaten Paser  untuk berpartisipasi dalam menekan penyalahgunaan dan peredaran narkoba terutama dikalangan anak muda.

Untuk diketahui, inpres nomor 2 tahun 2020   diterbitkan pada 28 Pebruari 2020. Melalui Inpres ini, Presiden menginstruksikan kepada Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Badan Intelijen Negara, Para Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, Para Bupati /Wali Kota untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 sebagaimana dimaksud dalam lampiran Instruksi Presiden ini dan Melaporkan hasil pelaksanaannya.

Presiden menginstruksikan Menteri Koordinator  Bidang  Politik,  Hukum,  dan Keamanan memfasilitasi  Kepala  Badan  Narkotika Nasional dalam mengoordinasikan kementerian dan lembaga untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Sebagaimana tercantum dalam Inpres ini, Presiden juga menginstruksikan kepada Menteri Dalam Negeri melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap  pemerintah  daerah  dalam melakukan fasilitasi dan melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.

Selain itu, Presiden juga menginstruksikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional: mengoordinasikan perencanaan kegiatan dan penganggaran untuk pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 dan melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.(har-)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1938 detik dengan memori 1.04MB.