Berita:Wabup: Pemkab Berupaya Menjaga Lingkungan Secara Berkesinambungan

Siaran Pers

 

TANA PASER- Akkopsi  adalah sebuah aliansi yang menguatkan komitmen dari kepala daerah yang ada di seluruh indonesia dalam rangka percepatan sanitasi permukiman di daerahnya masing-masing. Anggota Akkopsi adalah Bupati dan Walikota yang peduli sanitasi.

Dari pertemuna itu, Wabup Paser H Kaharuddin yang hadir bersama Walikota Balikpapan Rizal Efendi mengaku, Pemkab Paser  sangat komit untuk melaksanakan percepatan program percepatan sanitasi permukiman atau  sanitasi layak bagi warga Kabupaten Paser.

Menurut Kaharuddin, selama ini Pemkab Paser baik melalui SKPD terkait  maupun  unsur lainnya  telah melakukan  program jambanisasi kepada warga Kabupaten Paser yang belum memiliki jambat pada  keluarga  ekonomi menengah kebawah.

“Program jambanisasi selama ini di Kabupaten Paser menjadi program Pemkab bersama unsur lainnya. Ada beberapa desa menjadikan  program jambanisasi ini. Yang terpenting tentunya kesadaran dari masyarakat sendiri dalam menerpakan hidup bersih dan sehat,” kata Wabup.

Mantan Ketua DPRD  Paser dua periode ini juga mengatakan bahwa  Pemkab Paser  selalu berupaya untuk menjaga lingkungan secara berkesinambungan, sehingga masalah sampah, kasus buang air besar sembarangan  dan permukiman kumuh yang ada di Kabupaten Paser dapat dientaskan, dan ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang ada di Kementerian.

Sementara Kasubag Humas dan Kerjasama Bagian Pemerintahan Abdul Kadir mengaku, sejak tahun 2005 Pemkab Paser telah  mengalokasikan kucuran dana itu untuk  program sanitasi total berbasis masyarakat dengan melakukan pembangunan jambanisasi bagi warga di sejumlah desa  .

“Saat itu masyarakat yang masih menggunakan jamban cemplung kita ganti dengan jamban sehat dengan anggaran murni dari Pemkab Paser. Jadi program Paser  bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABs) sudah lama kita lakukan,” jelasnya. (har-/humas)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0916 detik dengan memori 2.78MB.