Berita:Wabup Masitah Serahkan Benih Padi 7 Desa Kecamatan Long Kali Terdampak Banjir

Siaran Pers


TANA PASER- Wakil Bupati Paser Hj Sarifah Masitah Assegaf, Selasa (21/09/2021) menyerahkan bantuan benih  padi untuk kelompok tani (poktan) yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Long Kali. 

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Wabup Masitah  kepada ketua Gapoktan di Aula Kecamatan Long Kali .

Adapun desa gabungan  kelompok tani penerima yakni Desa Sebakung seluas 100  hektare dengan jumlah bantuan benih 2,5 ton, kelurahan Long Kali seluas 38  hektare dengan jumlah bantuan benih 1,9 ton dan Desa Sebakung Taka seluas 665 hektare dengan jumlah bantuan benih 26,625 ton.

Selanjutnya Desa Sebakung Makmur seluas 500 hektare dengan jumlah bantuan benih 20 ton, Desa. Maruat seluas 200 hektare dengan jumlah bantuan benih 5 ton, Desa Petikut seluas 175 hektare dengan jumlah bantuan benih 875 ton dan Desa Mendik seluas 15 hektare dengan jumlah bantuan benih 375 ton.

Saat menyerahkan bantuan,  Wabup didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kadis Pertanian, Kadis Sosial, Kepala BPBD, Camat Long Kali Riski Noviar serta Lurah Lonh Kali M Arfah. 

Camat Long Kali Rizki Noviar mengatakan, tingginya curah hujan dalam beberapa pekan lalu membuat sejumkah desa terendam banjir dan saat ini Alhamdulillah mulai surut.

Pemerintah kecamatan Long Kali menurutnya berikan apresiasi kepada Pemkab yang memberikan bantuan benih padi dan bantua sembako kepada warga yang terdampak banjir akibat tingginya curah hujan sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Telake. 

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura M Yasin mengatakan, kecamatan Long kali salah satu penyumbang terbesar hasil pertanian. 

Adapun jumlah luas pertanian di Kecamatan Long Kali sebutnya sebesar 3800 hektare lebih dengan produksi padi 15 ton pertahun. “Long kali adalag daerah lumbung padi terbesar di Paser, dan hasil produksi padi di Long Kali cukup besar dalam menunjang kebutuhan beras di Kabupaten Paser,”katanya.

Dengan penyerahan bantuan menurut Yasin, kepada petani diharapkan ke depan pertanian khususnya di wilayah Long Kali  bisa semakin baik dan maju. 

Selain menyerahkan bantuan benih padi kepada petani yang terdampak banjir dikecamatan Long Kali, Wabup Paser Hj Sarifah Masitah Assegaf juga menyarkan bantuan makanan siap saji dan beras.

Bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD Paser kepada warga yang terkena dampak banjir, diserahkan Wabup Masitah kepada Lurah Long Kali M Arfah serta sejumlah kepala desa. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.4650 detik dengan memori 0.69MB.