Berita:Wabup Buka Pelatihan Satlinmas Penanganan Pemilu Kada

Siaran Pers

TANA PASER – Wakil Bupati Paser H Kaharuddin membuka pelatihan dan pembekalan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai persiapan pengamanan Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Paser tahun 2020. Pelatihan ini berlangsung di aula Satpol PP, Kamis (15/10) dan diikuti 60 peserta.

Wabub mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada Kabupaten Paser tahun 2020 ini perlu didukung kesiapan yang mantap dan akurat baik teknis maupun perangkat perlindungan masyarakat yang profesional, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. 

“Kita ketahui bahwa Satlinmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilihan Umum. Begitu penting dan besarnya peran Satlinmas ini dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, maka sangat bijaksana jika pemerintah memberikan perhatian kepada aparat Satlinmas,” katanya.

“Untuk itu kita perlu menyiapkan kekuatan Satlinmas guna menjaga keamanan dan ketertiban lokasi TPS serta membantu aparat Polri, TNI dan Pemerintah dalam penyelenggaraan pengamanan Pilkada Kabupaten Paser tahun 2020,” tambahnya. 

Sementara itu Kepala Satpol PP Heriansyah Idris mengatakan bahwa jumlah peserta yang hadir pada pelatihan ini sebanyak 60 orang, terdiri dari Satuan Linmas yang diambil dari perwakilan desa di tiap kecamatan dan masing-masing Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum di 10 kecamatan.

“Jumlah anggota Satlinmas yang seharusnya mengikuti pelatihan ini sesuai dengan TPS adalah 2.888 orang. Namun karena kita mengikuti ketentuan protokol kesehatan, maka jumlahnya dibatasi hanya sampai 60 orang perwakilan,” sebut Heriansyah Idris.

Adapun narasumbernya, kata Heriansyah ada 3 orang, yaitu KPU dengan materi tahapan dan proses persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah, lalu dari Polres Paser yang diwakili Kabag Ops Sarman dengan materi pengamanan Pilkada, dan terakhir dari Kepala Satpol PP dengan materi gambaran umum Linmas serta Permendagri 26 tahun 2020. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1293 detik dengan memori 0.94MB.