Berita:Tugu Usuk Bulau Bangunan Ketiga Simpang Lima Dengan Nilai Rp1,9 Milyar

Siaran Pers

 

TANA PASER- Tugu Usuk Bulau yang berarti Pucuk Emas menjadi tugu yang ketiga di bangun di lokasi simpang lima Kandilo Plaza. Pembangunan tugu Usuk Bulan dibangun dengan  anggaran APBD Kabupaten Paser 2019 senilai Rp1,9 Milyar Lebih.

         Secara harfiah menurut Kadis PU dan Tata Ruang Hasanuddin,  tugu Usuk Bulau berarti pucuk emas dengan filosofi yang terkandung adalah keinginan dan harapan masyarakat Paser untuk meraih sukses dalam  pembangunan, mensejahterakan, melestarikan  budaya dan menjunjung tinggi kemulian akhlak yang dicanakann dalam sebuah bangunan berupa tugu.

         Dalam tugu Usuk Bulau jelas  Hasanuddi, terdiri cincin emas berjumlah 10 buah melambangkan 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Paser dan pilar motif kayu ulin  yang bagi masyarakat Paser, ulin bukan saja memiliki nilai ekonomi, tetapi nilai magis.  Kayu ulin dipercaya memiliki kekuatan supranatural yang lebih tinggi dibanding dengan kayu jenis lainnya.

         “Selanjutnya di lengkapi lambang Parasamya sebagai pengingat bahwa Kabupaten Paser pernah dianugrahi penghargaan tertinggi oleh Pemerintah RI  dan ukiran dengan tandal bulau  pinalopak  basung, ori, kokop bu/au linampinak. Dasar liang terbungkus ukiran kulit pelepah rebung, batang tiang terlilit tumbuhan lempinak,” jelas Hasanuddin.

         Pada bagian sisi  tugu jelas Hasanuddin, terdapat lambang Kabupaten Paser dan lambang Parasamya Purnakarya Nugraha,  sertifikat Adipura dan wonderful Indonesia serta moto Kabupaten Paser yakni Olo Manin Aso Buen Siolondo. (har-/humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1741 detik dengan memori 1.04MB.