Berita:Tingkatkan Gemar Makan Ikan, Dinas Perikanan Paser Rutin Gelar Sosialisasi

Siaran Pers

Kepala Dinas Perikanan Paser Hj Ina Rosana.



TANA PASER- Kabupaten Paser berupaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui berbagai gerakan salah satunya program Gemar Makan Ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Paser.

Yang menarik, untuk membudayakan masyarakat Paser gemar makan ikan, sejak dicanangkannya Hari Makan Ikan (Harkannas), Dinas Perikanan Paser salah satunya secara rutin menggelar sosialisasi gerakan makan ikan.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Hj Ina Rosana saat pembukaan turnamen tenis meja, Jumat (10/11), melalui sosialisasi gemar makan ikan, memberikan kesadaran bahwa ikan sebagai salah satu sumber pangan khususnya protein yang sangat tinggi dan berperan aktif sebagai salah satu penunjang ketahanan pangan nasional.

“Dari itulah, gemar makan ikan ini perlu kita sosialisasikan, apa lagi sebelum adanya peringatan Harkannas ini, konsumsi ikan di masyarakat kita masih sangat rendah. Karenanya Dinas Perikanan lakukan sosialisasi kemasyarakat dan sekolah terkait gemar makan ikan ini,” jelasnya.

Sosialisasi ini sebut Ina, bekerjasama dengan beberapa program CSR perusahaan, dan ini salah satu upaya meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat kabupaten Paser.

“Sebagai informasi di tahun 2016 lalu, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Paser mencapai 53 kilogram perkapita pertahun, dan ini sudah jauh lebih tinggi dari tingkat konsumsikan provinsi maupun nasional, untuk nasional 2016, mencapai 43 kilogram perkapita pertahun,” katanya

Artinya setiap penduduk Kabupaten Paser jelas Ina, konsumsi ikan sebanyak 143 gram pertahun untuk satu orang. “Tapi kalau dibandingkan secara internasional, seperti Jepang, jauh lebih tinggi yakni 89 perkapita pertahun,” tandasnya.

Ia mengatakan, gemar makan ikan yang dicanangkan pemerintah pusat masih bergantung pada tingkat kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, kata dia, Dinas Perikanan terus memaksimalkan potensi hasil ikan yang akan dikonsumsi masyarakat dengan cara sosialisasi, sehingga tingkat konsumsi ikan di Paser ada pemerataan atau tidak jauh berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya.

Tujuan kedua sebut mantan Camat Tanah Grogot ini, mengingatkan bahwa Indonesia khususnya Paser memiliki sumber kekayaan laut perikanan yang luar biasa. Sehingga harus dimanfaatkan dan menggelolanya secara optimal dengan memperhatikan kelestariannya.

“Tahun 2017 ini, sosialisasi gemar makan ikan kita lakukan di sejumlah sekolah dasar di desa-desa non pesisir, mengingat walaupun konsumsi ikan di Paser cukup tinggi, namun belum merata, khususnya desa non pesisir, dan kawasan –kawasan non pesisir tersebut seperti di daerah Batu Kajang, Muara Samu Pasir Belengkong dan beberapa desa lainya. Sosialisasi ini merupakan kerjasama antara Dinas Perikanan dan sejumlah perusahaan pertambangan dan perkebunan seperti PT Kideco, PT BIN dan PAMA,” sebut Ina.(har-/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1074 detik dengan memori 2.77MB.