Berita:Terima Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Sekda Laporkan Tingginya Kasus Perceraian

Siaran Pers

TANA PASER- Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda  DR Bunyamin Alamsyah tiba di Tana Paser dalam rangka kunjungan kerjanya. Kunjungan ketua PA dengan wilayah kerja Kaltim dan Kaltara di ibu kota kabupaten yang terletak paling selatan di wilayah Kaltim, disambut Sekda Paser AS Fathur Rahman atas nama Bupati Paser, Selasa (22/8) malam.

Acara malam ramah tamah yang digelar di Pendopo yang berlangsung sederhana  dan diawali persembahan tarian selamat datang, dihadiri jajaran forkopinda serta para pejabat di lingkungan Pemkab Paser.

          Yang menarik, kunjungan ketua PA Samarinda terkait acara peresmian kantor PA Tanah Grogot ini, turut diikuti hakim PA Samarinda, ketua PA se Kaltim dan Kaltara serta sejumlah hakim tinggi PA yang pernah bertugas di Tanah Grogot.

          Sekda AS Fathur Rahman saat  menyampaikan sambutan  Bupati mengatakan, ada beberapa harapan disampaikan melalui Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda  terkait dengan beberapa wewenang yang diemban oleh Pengadilan Tinggi Agama mengenai penyelesaian perkara-perkara, seperti perkawinan, warisan, wasiat, zakat, dan ekonomi syariah.

Dari beberapa urusan perkara ini menurut Fathur Rahman, yang paling mengemuka adalah kasus perceraian. Bahkan, di Kabupaten Paser dan PPU tahun 2016 tercata 865 kasus, dan di awal tahun 2017  perkara perceraian terus meningkat.

“Alasan perceraian didominasi karena faktor cemburu dan ekonomi.      Angka ini cukup memprihatinkan, mengingat bahwa ada generasi-generasi penerus bangsa yang dibesarkan dalam sebuah keluarga. Saya berharap negara, dalam hal ini Pengadilan Tinggi Agama dapat hadir di antara masyarakat kita agar dapat meminimalisir angka tersebut,” harapnya.

 Dengan memberikan  mediasi secara agama dan psikologi sebut Sekda, dapat  membantu memberikan solusi agar perceraian adalah hal terakhir yang harus ditempuh.Kabupaten Paser membutuhkan anak-anak yang lahir dan besar dari keluarga yang berbahagia sehingga dapat menyongsong hari esok yang lebih baik,”tambahnya.

          Sementara, Ketua PA Samarinda Bunyamin  secara terbuka mengaku bangga dan salut atas pembangunan di Kabupaten Paser yang disebutnya sangat luar biasa. Tidak hanya itu, ia  mangku bangga atas kerjasama yang selama ini terjalin cukup baik dengan jajaran Pemkab Paser. (har-hum)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2751 detik dengan memori 2.44MB.