Berita:Tanjung Harapan Masuk Zona Sumber Ikan Tangkap di Indonesia

Siaran Pers

Wabup:Akan Jadi  Primadona Perikanan  Kaltim


TANA PASER- Pemerintah Indonesia memperkuat industri perikanan di sejumlah wilayah Indonesia yang mempunyai potensi besar pada sektor perikanan. Salah satu yang dipercaya adalah Kabupaten Paser, tepatnya Kecamatan Tanjung Harapan.Untuk diketahui,  Selat Makassar merupakan selat yang terletak di antara pulau Kalimantan dan Sulawesi.  Selat ini juga menghubungkan Laut Sulawesi di bagian utara dengan Laut Jawa yang ada di bagian selatan. Selat Makassar termasuk kategori laut dalam dan merupakan salah satu Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

          Yang menarik, dari 11 zona sumber ikan tangkap di Indonesia yang selama ini menjadi fokus wilayah pengelolaan perikanan (WPP) , Selat Makassar yakni kawasan laut Tanjung Harapan merupakan salah satu dari 11 zona produksi ikan tertinggi, yakni Laut Jawa, Selat Karimata, Natuna, Laut Cina Selatan, Selat Makassar, Teluk Bone, Laut Flores dan Laut Bali.  

Kecamatan Tanjung Harapan dengan  luas wilayah darat 480.4 km2 dan perairan laut luasnya 233.65 km2 dengan jumlah total wilayah darat dan laut seluas 714,05 km2,  memiliki wilayah laut yang terluas di antara 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Paser dan merupakan wilayah yang berahadapan  langsung dengan selat Makassar.

 Potensi perikanan yang ada di  Kecamatan Tanjung Harapan disebut –sebut  sangat besar dengan letaknnya yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar. Bahkan menurut sejumlah sumber, menjadi lintas ikan tuna. Selain itu, besarnya potensi perikanan di  kecamatan yang memiliki 7 desa ini, dibuktikan dengan banyaknya masyarakat di wilayah ini yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan pengolahan hasil perikanan.

Sementara, Wabup Paser HM Mardikansyah saat ditemui mengaku Pemkab Paser serius dalam upaya mengembangkan sektor perikanan  dan pengembangan kawasan industri perikanan di Kecamatan Tanjung Harapan yang  sangat   potensial dan berpeluang besar untuk dikembangkan karena  letaknya  yang berhadapan dengan selat Makassar.

“Insyah Allah, dengan keberadaan kawasan  industri kelautan dan perikanan  di Tanjung Harapan ini, sektor perikanan bisa diharapkan jadi salah satu unggulan di Kabupaten Paser khususnya di Provinsi Kaltim,” kata Mardikansyah.

Menurut Mardikansyah, sebagai  daerah yang letak topografinya berada di pinggir pantai Selat Makassar,  sudah sewajarnya Pemkab Paser memberikan perhatian serius untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan.

“Saya mengatakan sektor kelautan dan perikanan Paser  akan menjadi  primadona baru perekonomian  di Kaltim  jika pembangunan kawasan perikanan di Tanjung Harapan ini selesai. 2018 ini akan dimulai pembangunannya  dengan target tiga tahun,” sebut Mardikansyah. (har-/humas)

 

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1505 detik dengan memori 0.94MB.