Berita:Setda: Prospek Perikanan Paser Sangat Menjanjikan

Siaran Pers

TANA PASER- Potensi strategis bagi pengembangan sumberdaya perikanan dan kelautan Kabupaten Paser seperti ikan baik hasil tangkapan maupun budidaya dan juga hasil laut lainnya seperti komoditi rumput laut sangat menjanjikan terhadap prospek kemajuan perekonomian pembangunan.

Karena itu menurut Setda Paser AS Fathur Rahman, jika bicara tentang hasil perikanan, tentunya sudah tidak diragukan lagi bahwa Paser mempunyai sumber daya melimpah dan semua itu dibuktikan dengan banyaknya pengusaha di Paser yang menjadi penyuplai terbesar kebutuhan berbagai jenis ikan ke daerah lain termasuk hingga ke Kalimantan Selatan.
            Hal ini dikatakan Sekda Fathur Rahman saat membacakan sambutan tertulis Bupati Paser pada acara peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-4 tahun 2017 yang digelar di Pendopo, Sabtu (16/12).
            Karena itu sebagai masyarakat Kabupaten Paser kata Setda, sudah sepatutnya bersyukur atas anugerah yang diberikan Allah SWT, yaitu dengan cara memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya yang ada untuk meningkatkan kepentingan ekonomi, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
            “Peringatan merupakan momentum bagi pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia termasuk Pemerintah Kabupaten Paser untuk mengingatkan dan membangun kesadaran masyarakat lokal tentang pentingnya peran sektor perikanan dalam pembangunan secara menyeluruh baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pangan, pelestarian lingkungan maupun sumber daya manusia,” katanya.
            Oleh karena itu, berbagai strategi kebijakan dan program Pemerintah sudah sepatutnya di dukung sehingga dapat sejalan dengan isu pembangunan terkini dengan harapan turut membantu Pemerintah dalam menjawab tantangan ke depan untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional terutama yang berbasis komoditas seperti produk-produk perikanan.
            “Berbagai program terus diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Paser yang salah satunya yaitu dengan meningkatkan kemandirian dalam mengelola sumber daya perikanan secara berkelanjutan. Pengelolaan ini harus mengarah pada bagaimana sumberdaya yang ada saat ini mampu memenuhi kebutuhan sekarang dan kebutuhan generasi yang akan datang, dimana aspek keberlanjutan harus meliputi aspek ekologi, ekonomi dan sosial. Hal ini dimaksudkan agar besarnya potensi sumberdaya perikanan yang dimiliki dapat dinikmati oleh warga Kabupaten Paser,” sebut  Fathur.
            Ditambah lagi jika smart city di Kecamatan Tanjung Harapan dapat terealisasi, tentu akan berdampak sangat luas terhadap kemajuan pembangunan masyarakat Paser karena tersedianya infrastruktur pelabuhan berbasis inti plasma perikanan yang bukan tidak mungkin akan menjadi basis terbesar penyuplai ikan dan hasil-hasil laut lainnya.
            “Sejalan dengan tema Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, maka pada kesempatan ini saya juga ingin menghimbau sekaligus mengajak seluruh masyarakat terutama anak-anak atau generasi penerus untuk terus gemar makan ikan karena ikan memiliki komposisi nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan,” pesan Setda.    

 Dengan kegiatan Harkannas di harapkan dapat menjadi motivasi untuk lebih mengembangkan dan semakin mengenali potensi perikanan yang ada di Kabupaten Paser sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Paser. (har-/humas)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1798 detik dengan memori 0.96MB.