Berita:Sekda Buka Penyuluhan & Sosialisasi PTSL 2020

Siaran Pers

TANA PASER- Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dalam rangka Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun  2020 di Kabupaten Paser dibuka Sekda Paser Katsul Wijaya, Jumat (7/2) di Gedung Awa Mangkuruku.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi PTSL   yang diikuti 10 camat dan 139 kepala desa serta lurah se-Kabupaten Paser itu,  dalam rangka  mempercepat terwujudnya pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan amanat UU No 5 tahun 1960 pasal 19 ayat (1).

Sekda Katsul Wijaya dalam sambutannya mengatakan, tanah merupakan salah satu aset yang sangat berharga yang seringkali menimbulkan masalah baik sekarang maupun yang akan datang bagi pemiliknya.

Karena itu menurut Sekda, agar tidak terjadi masalah seharusnya dapat di  kelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi dan ini sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah yang berkekuatan hukum.

Lebih lanjut dikatakan, dengan penyuluhan dan  sosialisasi ini diharapkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat dalam proses pengurusan pendaftaran tanah, sehingga masyarakat dapat melaksanakan pendaftaran tanah untuk memperoleh perlindungan dan kepastian hukum atas hak-haknya.

“ Program ini juga bisa berdampak positif bagi kehidupan sosial di masyarakat, karena tidak sedikit berita yang beredar  tentang konflik sosial yang berawal dari sengketa masalah tanah. Semoga dengan program PTSL ini, permasalahan yang sering dipicu dari sengketa lahan/tanah  tidak akan terjadi lagi,” harap Sekda.

Selain itu dengan terselenggaran penyuluhan dan sosialisasi PTSL, Katsul menyampaikan apresiasi apa yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Kabupaten Paser,  karena ini akan  sangat membantu pemerintah daerah dalam hal memberikan pengetahuan akan pentingnya sebuah legalitas untuk tanah kepada masyarakat di Bumi Daya Taka.

“Selain itu tentunya ini akan memberikan multiefek terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat utamanya dalam mendukung pencapai visi dan misi Kabupaten Paser yang maju, mandiri sejahtera dan berkeadilan serta kabupaten yang akan menjadi penyangga ibu kota negara,” tandas Sekda. (har-)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1890 detik dengan memori 1.04MB.