Berita:Sekda: BPD Merupakan Lembaga yang Memiliki Kekuatan

Siaran Pers

Long Ikis-Pelantikan BPD 18 desa kecamatan Long Ikis dilakukan  oleh Sekretaris Daerah Katsul Wijaya yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan penandantanganan berita acara secara berhantian.

Usai melantik 92 anggota Legislator Desa tersebut,   Sekda Katsul Wijaya dalam sambutannnya mengatakan, BPD sebagaimana fungsinya adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. 

Dari tugas ini menurut Sekda, BPD merupakan lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang akan menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

“BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa. BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa pentingnya tugas BPD,” kata Sekda.

Selanjutnya  kepada jajaran Kades Kecamatan Long Ikis, Sekda juga menyampaikan aspirasi  yang telah memberikan kemajuan yang berarti bagi desanya masing-masing. “Dengan mengalokasikan dan menyerap Anggaran Dana Desa dan Dana Desa semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat desa. Harus ada perubahan yang saudara lakukan selama mengemban amanah ini,” tuturnya.

Banyak kegiatan desa lain di Indonesia yang dapat ditiru dan dimodifikasi lanjut Sekda  sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. “Mulailah melakukan pemetaan potensi desa masing-masing, misalnya di bidang pendidikan, pariwisata, pertanian, perikanan, perkebunan dan lain sebagainya. Semoga ini paling tidak dapat memunculkan satu produk atau hasil atau jasa dalam satu desa yang dapat diandalkan. Terlebih, desa-desa di Kecamatan Long Ikis relatif lebih maju, fasilitas infrastruktur lebih memadai, bahkan kegiatan ekonomi juga lebih dinamis,” pinta Sekda. (har-)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1821 detik dengan memori 1.04MB.