Berita:SDN 20, SDN 31 & SMPN 4 Percontohan OCDay

Siaran Pers

Hadijah: Sebagai Upaya Terwujudnya Sekolah Ramah Anak


TANA PASER-  Tiga sekolah di Tanah Grogot menjadi percontohan pelaksanaan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau kegiatan Belajar di Luar Kelas. Tiga sekolah yang menjadi percontohan, yakni SDN 020 Jalan Gajah Mada Tanah Grogot, SDN 031 Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot dan SMP Negeri 4 Tanah Grogot.

Yang menarik, kegiatan belajar di luar kelas program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kamis (1/11) di loncing secara serentak di 236 kabupaten/kota  di satuan pendidikan tingkat SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMK/MA dan SLB.

Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP2A) Paser Dra Hadijah yang turun langsung melakukan pemantauan mengatakan,  kegiatan OCDay bertujuan untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak serta memastikan  bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak.

Selain itu sebutnya,  mempersiapkan anak untuk bertanggungjawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamian

Masih kata Hadijah, kegiatan ini juga sebagai upaya mempercepat terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). sesuai agenda yang ada, ada serangkaian kegiatan dalam kegiatan belajar di luar kelas ini, yakni diawali jam 07 pagi hingga pukul 09.16 Wita.

‘Belajar di luar kelas dilakukan dengan mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran dengan mengusung berbagai tema, di antaranya: climate change (adaptasi perubahan iklim), perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta pelestarian permainan tradisional,” jelasnya.

   Belajar di luar kelas tambah Hadijah,  diharapkan mampu meningkatkan kesehatan anak, melibatkan anak dalam pembelajaran, mengajak anak turut melestarikan permainan tradisional, serta mendorong keterikatan anak dengan alam. (har-/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0721 detik dengan memori 2.77MB.