Berita:Saya Merasakan, Dulu & Sekarang Sangat Berbeda Jauh

Siaran Pers

HARI  ini, 29 Desember 2018 Kabupaten Paser  merayakan hari jadinya yang ke-59 atau  terhitung sejak tahun 1961. Semarak perayaan menyambut hari jadi kabupaten paling selatan di wilayah Kaltim atau berbatasan dengan Kalimantan Selata  hari ini, banyak dikabarkan rangkaian kegiatan melalui tulisan status di Facebook hingga Instagram.

Khususnya untuk pelaksanaan upacara hari jadi Kabupaten Paser ke-59  yang diperingati melalui upacara yang dipimpin Bupati Paser di halaman Kantor Bupati Paser yang dihadiri sejumlah bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan  ketua DPRD di wilayah Kalimantan Timur serta  Kalimantan Selatan dan termasuk pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim serta tamu undangan lainnya.

Dengan mengusung tema, “59 Tahun Kabupaten Paser  Melayani, Mewujudkan Masyarakat Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan”. Kabupaten Paser atau juga populer  di sebut Bumi Daya Taka kini tidak terasa semakin uzur usianya. Sebagai warga Kabupaten Paser, saya berdoa semoga daerah ini semakin hari semakin maju menjadi kota yang ramah dan cinta lingkungan, masyarakatnya semakin sejahtera lahir dan batin.

Selanjutnya   generasi muda-nya maju dalam pendidikan dan syarat dengan prestasi yang membanggakan, kemiskinan berkurang, perekonomian maju dan lancar, aparat pemerintah dan penegak hukumnya adil dan jujur, menjadi daerah  idaman yang maju diberbagai sektor atau bidang kehidupan. Bisa jadi, hal yang demikianlah yang diharapkan setiap insan yang memiliki rasa cinta terhadap Bumi Daya Taka ini.

Saya yang lahir dan dibesarkan di kota Tanah Grogot 42 tahu lalu, tentu bisa merasakan bahwa Kabupaten Paser  dulu dan sekarang sangat berbeda jauh atau banyak perubahaan. Karena itu, sebagai putra daerah menyampaikan terimakasih kepada seluruh pelaku sejarah, toko agama dan tokoh masyarakat serta seluruh bupati yang pernah memimpin Bumi Daya Taka tercinta ini.

Pengertian “perubahan” yang dimaksud menurut saya secara pribadi  bukan sebatas prestasi pembangunan, karena pengertian “perubahan” tentu harus lebih luas daripada itu.

Dalam usianya yang ke-59 Kabupaten Paser diharapkan agar lebih mampu merealisasikan sebuah tata pemerintahan yang bersifat Good Goverment and Good Governance, yaitu berupaya membangun pemerintah dan tata pemerintahan yang baik.

Selain itu, pemerintah yang membangun kelembagaan daerah yang kondusif, sehingga dapat mendesain sistem pelayanan publik yang mudah, murah dan cepat. Pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah akan mempengaruhi minat para investor dalam menanamkan modalnya di suatu daerah.

Akan tetapi bukanlah hal yang mudah untuk membangun Kabupaten yang memiliki 139 desa/keluarahan  yang terdiri 10 kecamatan ini, tentu sangat berbeda dengan kabupaten di Indonesia. Dibutuhkan kerjasama antara berbagai pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat itu sendiri.

 Semangat kebersamaan dengan optimisme yang tinggi merupakan solusi untuk menjawab segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh kabupaten yang punya semboyan OLO MANIN ASO BUEN SIOLONDO”, yang artinya “Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Sekarang”.  Selamat Ulang Tahun Kabupaten Paser, Jayalah Bumi Daya Taka. (harmin/staf humas)

 

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1577 detik dengan memori 1.04MB.