Berita:Rp 700 Juta untuk Renovasi Museum Keraton Belengkong

Siaran Pers

TANA PASER. Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur melalui APBN 2015 menganggarkan sedikitnya  Rp 700 juta guna renovasi bangunan Museum Keraton Sadurengas di Kecamatan Pasir Belengkong.
Dijelaskan penanggung jawab pengelolaan Museum Keraton Sadurengas M Ali, anggaran yang diberikan pemerintah provinsi secara bertahap. Pada tahun 2015 lalu dicairkan dana sebesar Rp 500 juta, dan menyusul di tahun 2016 ini sebanyak Rp 270 juta.
“Tahun lalu kita mengajukan permohonan ke provinsi dan memang penyalurannya dilakukan secara bertahap,” ucap Ali yang dijumpai di museum, Selasa (12/7).
Anggaran yang cair tahun 2015 lalu digunakan sebagian besar untuk memperbaiki bagian-bagian keraton yang mengalami kerusakan, serta penambahan bangunan aula di halaman belakang keraton yang fungsinya digunakan untuk latihan tari tradisional dan musik tradisional khas Suku Paser.
“Kemudian untuk anggaran tahun ini kamu pergunakan untuk memasang atap di bagian paling belakang bangunan keraton yaitu lokasi dimana lukisan kisah sejarah Putri Petung di tampilkan dan juga penambahan stan atau lokasi yang khusus memamerkan makanan tradisional khas Suku Paser,” jelasnya.
Disampaikan M Ali bangunan peninggalan sejarah kesultanan Raja Paser tersebut memang membutuhkan penyegaran, mengingat terakhir dilakukan renovasi pada tahun 2007 lalu. Dengan kondisi keterbatasan juga akan mempengaruhi minat wisatawan yang datang. (nik/sal)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0957 detik dengan memori 2.77MB.