Berita:RENUNGAN HARI IBU 2022 (BELAJAR DARI TIMNAS MAROKO)

Siaran Pers

Ditulis oleh: ABU KHALID ISMAIL (Kepsek MTsN 4 Paser)

Seorang Reporter Jerman memberikan komentar atas cuplikan para pemain Maroko yang bergembira mendatangi para orangtua mereka setelah pertandingan melawan Tim Nasional Jerman saat WordCup awal Desember lalu.

Penyiar Jerman itu berkata, "Keluarga dan motivasi moralnya berada di balik kemenangan Tim Maroko. Berbeda dengan kita(Jerman) yang datang untuk mendukung kaum homoseksual dan menutup mulut dengan cara yang memalukan, akhirnya kita pergi dengan tangan kosong (kekalahan) dan melalui pintu yang sempit...." 

Dari pengakuan secara jujur reporter Jerman tersebut secara substansi bisa dikatakan bahwa dukungan keluarga terutama orangtua adalah sebuah kunci kemenangan Tim Maroko dalam pertandingan melawan Tim Jerman beberapa hari yang lalu pada Piala Dunia Sepakbola di Qatar.

Ini menunjukkan bahwa  jangan pernah meremehkan dorongan, motivasi, dan inspirasi serta doa keluarga atas profesi apa pun yang kita lakoni saat ini. Terutama doa dan dukungan dari ibu dan bapak kita.

Itulah sebabnya, mengapa Nabi kita, Rasulullah Muhammad SAW ketika ditanya oleh seorang sahabat, "kepada siapa saya berbakti?"Jawab Nabi,"IBUMU", lalu kepada siapa lagi ya Rasul? Jawab Nabi,"IBUMU." Lalu kepada siapa lagi ya Rasul?" Jawab Nabi, "IBUMU." Lalu kepada siapa lagi ya Rasul?" Jawab Nabi, BAPAKMU."

Untuk itu wahai saudaraku, jika kita ingin hidup bahagia dan sukses dunia akhirat jangan pernah remehkan sedikitpun jasa-jasa ibu dan bapak kita.

Beruntunglah kawan-kawan yang masih punya ibu dan bapak. Maka, manfaatkan hidup kita untuk berbakti dan membahagiakan keduanya. Mintalah selalu restu dan ridanya setiap kita melakukan aktivitas positif di dunia ini, in Syaa Allah,  Tuhan kita, Allah Yang Maha Pengasih Penyayang, akan senantiasa meridai kita. Sebab, rida Allah tergantung rida kedua orang tua, murka Allah juga tergantung murka Allah, demikian Sabda Nabi SAW.

Sudah banyak bukti menunjukkan, orang-orang hebat dan sukses di dunia ini, apa pun agamanya, ternyata tidak terlepas dari penghargaan dan penghormatan serta baktinya kepada kedua orangtuanya yang luar biasa hebat. Sebaliknya, tidak sedikit fakta menunjukkan, orang-orang yang gagal bahkan menderita dan sengsara hidupnya, karena tidak  menghargai, menghormati, dan tidak berbakti kepada kedua orangtuanya. 

Banyak orang sukses di dunia ini karena mereka selalu membuat ibu bapaknya senang. Banyak pula orang tidak sukses di dunia ini karena mereka membuat ibu bapaknya sedih. 

Maka, berusahalah dengan maksimal membuat ibu bapak kita senang dan bahagia serta hindarilah kata, sikap, dan tindakan yang membuat ibu bapak kita sedih dan sengsara.

Kunci dan pintu kesuksesan itu tidak jauh dari diri kita. Dialah ibu dan bapak kita. Teruslah berbakti kepada keduanya dan mintalah selalu restu serta ridanya dalam setiap aktivitas kebaikan yang kita lakukan. Jangan lupa tuk senantiasa mendoakan keduanya "Rabbii ighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayaanii shaghiiraa." *Yaa Rabbi...Ampuni dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangi keduanya sebagaimana mereka menyayangiku ketika aku masih kecil.* Aamiin Yaa Rabb ????

Wallahu A'lam bi al-Shawab.

SELAMAT HARI IBU 22 DESEMBER 2022

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1760 detik dengan memori 0.94MB.