Berita:Pria Low Profile ini Jadi Sekda

Siaran Pers

Terkenal di 139 Desa & di Dunia Sepak Bola

TERHITUNG sejak Senin (3/12), Pemerintah Kabupaten Paser memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) baru, hasil  dari seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama. Pejabat yang dilantik menjadi Sekda adalah Drs Katsul Wijaya yang sebelumnya menjabat Asisten Kesejahteraan Rakyat (Setda) Paser.

Sebagai Sekda baru menggantikan Drs AS Fathur Rahman, banyak tugas yang tak mudah, telah menunggu Empong (nama panggilan populer di kalangan pegawai maupun masyarakat). Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi saat melantik dan mengambil sumpah, menyebut Sekda punya amanah yang cukup berat.

Siapa Katsul Wijaya atau Empong? Ia dilahirkan di Sengkang tanggal 11 Desember 1966.  Sejak kecil menetap di Tanah Grogot, karena karir pendidikan diawali di SD Persit KCK Tanah Grogot, SMPN 1 Tanah Grogot dan  SMAN 1 Tanah Grogot.

 Lulus SMA 1 Tanah Grogot 1985,  masuk    APDN Samarinda dan melanjutkan pendidikan di IIP Jakarta jurusan Keuangan Daerah dan jurusan Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makasar.

Pria yang punya hobi main bola dan pernah memperkuat tim sepak bola Paser pada masa SMA ini, tak salah cukup dikenal dalam dunia persepak bolaan di Bumi Daya Taka sampai saat ini. Karenanya,  pernah di percaya sebagai Sekum Persatuan Sepak Bola Paser (Persipas) pada tahun 2003-2010.

Sedangkan jabatan organisasi yang pernah di jabat,  pria Low profile ini pernah sebagai sekretaris KNPI Kecamatan Tanah Grogot tahun 1995-1999 dan anggota KNPI Paser.

Anak dari pasangan Almarhum Wellang dan Almarhum Suharti ini, beristrikan Faridah Hamid dan dikarunia tiga anak, yakni Deby Katrunida, Valid Rivaldo dan Andika Varani.

Sepak terjang Katsul Wijaya  dalam meniti karir diawali sebagai  Lurah Kuaro 1991, Sekretaris Camat Tanah Grogot 1995-1999, Kasubag Tata Pemerintahan Desa 1999-2000 dan Camat Long Ikis  2003-2007. Karirnya semakin menanjak saat diberiamanah sebagai Kabag Tata Pemerintahan 2007.

Yang menarik selama mengurusi pemerintahan desa 9 tahun 6 bulan atau dari tahun 2010 sampai 2018, tak heran sosok Katsul sangat familiar di kalangan aparat desa dan warga desa di 139 desa.
Diawali Kepala Kantor PMD, dan sesuai instruksi pusat, PMD berubah menjadi Badan atau   BPMPD dan akhirnya menjadi Dinas PMD. Sebelum dipercaya sebagai Sekda Paser pada tanggal 3 Desember 2018 dari hasil seleksi terbuka jabatan tinggi pratama, Katsul di percaya sebagai Asisten Kesra Setda Paser. (harmin/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1554 detik dengan memori 1.04MB.