Berita:Pimpin Rapat, Asisten Ekonomi Terima Laporan Harga Bawang Naik 100 persen

Siaran Pers

TANA PASER- Asisten Ekonomi Setda Paser Ina Rosana  mengingatkan semua pihak melakukan tindakan preventif menjelang bulan Ramadan. Tindakan dimaksud di antaranya memantau  harga kebutuhan pokok di pasaran.

Hal tersebut disampaikan Ina saat memimpin rapat kestabilan sembilan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Paser dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) serta Satgas Pangan  Kabupaten Paser diruang rapat Asisten Ekonomi, Kamis (2/5).

Selain memantau harga barang kebutuhan pokok, Ina berharap Disperindagkop UKM Paser  bersama tim TPID untuk selalu  memantau ketersediaan barang atau stok di tingkat pedagang.

“Fokus pemerintah melalui TPID  saat ini ada dua, yakni ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok dan kenaikan harganya. Karenanya setelah rapat ini, tim akan  melihat secara langsung dengan mengunjungi pasar-pasar dan toko-toko di Kabupaten Paser,” pungkasnya. Masih menurut Ina,  jelang Ramadan biasanya terjadi lonjakan harga disebabkan permintaan pasar meningkat sehingga mempengaruhi kondisi pasar. Solusinya memperbanyak stok komoditas, jika stoknya cukup lonjakan dapat diminimalisir.

“Saya minta setiap memantau harga, petugas juga lakukan kroses cek kepedagang terkait ketersedia barang. Jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi jelang ramadan ini dengan menumpuk barang,” kata mantan Kadis Perikanan dan Kelautan ini.

Badan Urusan Logistik (Bulog) Paser,  menjamin ketersediaan sembako mencukupi untuk masyarakat. "Saat  di gudang Bulog  cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya beras, minyak, gula, daging beku dipastikan aman karena ada penambahan stok dalam bulan ini,” kata Kepala Bulog.

Sementara berdasarkan pantauan  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, meskipun persediaan stok lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabe  dan  daging ayam masih tersedia, tetapi harga bahan pangan itu ada gejolak kenaikan.

“Saat ini harga bawang putih mencapai  Rp50 ribu perkilo dari harga sebelumnya Rp20 ribu perkilo. Begitupun bawang merah. Saat ini kenaikan tertinggi ada pada bawang putih yang mencapai 100 persen,” sebutnya. (har-/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.3706 detik dengan memori 2.44MB.