Berita:Pilkades Serentak Digelar Tahun Ini

Siaran Pers

Bupati Yusriansyah saat melantik Kepala Desa (Kades)  Mendik Makmur, Kecamatan Long Kali bulan April lalu. 


TANA PASER – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Paser dipastikan digelar tahun 2016 ini. Pada tahap pertama dijadwalkan sebanyak 71 desa. Penyelenggaraan pilkades serentak ini berdasarkan Surat Bupati Paser Nomor SK 140/KEP-342/2016  tanggal 6 Juli 2016.

Dalam upaya persiapan pelaksanaan pilkades tersebut, Senin (18/7) kemarin, di Ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser digelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pilkades yang dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Paser Helmy Lathyf. Dihadiri sejumlah pimpinann SKPD dan unsur terkait lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Katsul Wijaya mengatakan,  di Kabupaten Paser terdapat 139 desa di Kabupaten Paser. Sedangkan pelaksanaan pilkades serentak akan dilaksanakan dalam tiga gelombang. Yakni tahun 2016, 2018, dan 2020.

“Untuk tahap  pertama pilkades akan digelar pada 71 desa di 10 kecamatan. Dalam pelaksanaannya, panitia pilkades mengantogi peraturan bupati tentang pedoman seleksi pemilihaan calon kepala desa,” jelasnya.

Ditambahkan, panitia pilkades sudah menetapkan agenda tahapan pilkades dan segera meminta penjabat (pj) kades dan BPD untuk membentuk panitia pilkades. “Setelah panitia pilkades terbentuk di desa, baru akan disosialisasikan perbup dan tahapan pilkades,” bebernya.

Sesuai perbup pilkades, maka calon kades maksimal lima orang di setiap desa penyelenggaraan pilkades serentak. Namun hal itu bukan merupakan pembatasan dan siapa pun berhak mendaftar dengan melewati tahapan-tahapan seleksi.

“Apabila calon kadesnya kurang dari lima, tentunya tidak ada pembatasan bagi mereka yang ingin menjadi kades. Yang jelas, para camat dan SKPD terkait banyak memberikan masukan untuk penyempurnaan draf Perbup sebelum berubah menjadi rancangan Perbup yang akan ditetapkan Bupati Paser,”  pungkas Katsul. (hms4/hh/san/k9)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1562 detik dengan memori 0.94MB.