Berita:Perhatikan Hidup Lansia Lewat Pembentukan Komda Lansia

Siaran Pers

TANA PASER- Dalam rangka penanganan lansia di Kabupaten Paser, Dinas Sosial Paser  bersama pihak -pihak terkait, menggelar  kegiatan sosialisasi pembentukan Komisi Daerah   Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Paser.Sosialisasi  pembentukan Komda Lansia  yang dibuka Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah yang digelar di ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Rabu (27/7) dihadiri Ketua Komda Lansia Kaltim Agus Sudarsasi.

Selain itu turut hadir Ketua Komisi Kesra DPRD Paser H Ambo Penre, Kadis Sosial Amiruddin Ahmad serta sejumlah pimpinan SKPD, Badan dan Kabag terkait di lingkungan Pemkab Paser serta sejumlah tokoh masyarakat.

Kadis Sosial Amirudin Ahmad menyebutkan,   pembentukan Komda Lansia tersebut merupakan amanah dari undang-undang Nomor 13 Tahun 1998  tentang Kesejahteraan Sosial, Keputusan Presiden  serta Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 60 tahun 2008 tentang pedoman pembentukan Komda Lansia dan pemberdayaan masyarakat dalam penanganan lanjut usia di daerah.

"Wujud dari kegiatan ini tentunya akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan para lansia, dengan Komda Lansia juga dapat memberikan saran, masukan dan pertimbangan kepada pemerintah dalam membangun daerah.

Mengapa komda lansia dibentuk, Amirudin mengatakan, penduduk lanjut usia 60 tahun  keatas yang jumlahnya makin meningkat seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup yang hal ini disebabkan oleh tersediannya fasilitas kesehatan yang jauh lebih baik di samping telah banyak dipahami pola hidup sehat’.

“Selain itu terjadinya ledakan penduduk usia 15 sampai 60 tahun yang disebabkan oleh bonus demografi yang terjadi saat ini, sehingga penduduk lansia berkembang menjadi dua kali lipat,” sebutnya. (har-)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1597 detik dengan memori 0.95MB.