Berita:Penanaman Mangrove Serentak se Indonesia bersama TNI, Bupati Paser Tanam di Desa Pasir Mayang

Siaran Pers

Tana Paser - Dalam rangka penanaman mangrove nasional secara serentak oleh TNI dan jajarannya di seluruh Indonesia, Bupati Paser dr Fahmi Fadli turut serta menanam mangrove di Desa Pasir Mayang, Senin (16/5/23). Kegiatan yang dikomandani Dandim 0904/Paser Letkol (inf) Ary Susetyo bersama unsur Forkopimda lainnya.

Antusias masyarakat juga cukup besar. Terlihat saat Fahmi tiba di pelabuhan Pasir Mayang, setelah menyebrang sekitar 15 menit dari Pelabuhan Pondong masyarakat berbondong-bondong menyambutnya. 

Mereka mengiringi Bupati termuda sepanjang sejarah pemimpinan di Kabupaten Paser ini. Bersama berjalan kaki hingga lokasi penanaman mangrove. Terlihat Fahmi sesekali singgah untuk menyapa masyarakatnya dipinggir jalan.

Menjelang senja, penanaman mangrove pun dimulai. Bupati Paser bersama Dandim Kapolres AKBP Kade Budiyarta, S.IK, Kajari Rajendra D Wiritanaya dan pejabat lainnya menancapkan bibit pohon mangrove. Di lokasi tersebut seluas 700 meter persegi dengan 700 pohon mangrove.

Jika di Kabupaten Paser jelang senja, sedangkan di wilayah Jakarta masih terang benderang tepatnya di Pantai Indah Kapuk yang menjadi lokasi tanam untuk Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bupati Paser berharap sinergisitas ini terus terjaga, bersama TNI dan Polri dapat terus melakukan pembangunan dan menjaga kelestarian daerah pesisir di Bumi Daya Taka khususnya penamaan mangrove sebagai salah satu upaya untuk stabilisator garis pantai dan menjaga ekologi. Mengingat Pemkab tidak diizinkan mengalokasi APBDnya untuk kegiatan tersebut. Karena kewenangan pelestarian konservasi daerah pesisir adalah kewenangan provinsi Kalimantan Timur.

Untuk diketahui, ada beberapa alasan dipilihnya Desa Pasir Mayang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser sebagai lokasi penanaman 700 pohon magrove. Pertama, karena kegiatan ini dilaksanakan juga dalam jaringan, maka lokasi ini jangkauan sinyalnya cukup baik untuk zoom meeting. Kemudian cukup strategis, area pantainya cukup bersih, ada tempat dan pas untuk dilakukan penanaman mangrove. Selain itu masyarakat setempat dan perusahaan juga turut mendukung kegiatan ini.(Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.7212 detik dengan memori 0.69MB.