Berita:Pemkab Paser & Unlam Banjarmasin Jalin Kerja Sama

Siaran Pers

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Paser dan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan kerja sama dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

            Kerjasama Pemkab Paser dan Unlam tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi dengan Rektor Unlam Prof Dr H Sutarto MSi, MSc.

            Kasubag Humas dan Kerja Sama Bagian Pemerintahan Setda Paser Abdul Kadir menjelaskan, Nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan peran dan fungsi masing-masing dengan prinsip saling menguntungkan bagi peningkatan pembangunan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Paser.

Sedangkan menyangkut tujuan, Kadir menyebutkan selain dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan efisiensi kegiatan pembangunan di Kabupaten Paser serta dalam rangka meningkatkan dan memanfaatkan kemampuan sumber daya dan potensi  yang dimiliki oleh kedua pihak agar lebih berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan dan pemanfaatan teknologi terapan baik Pemkab Paser maupun Unlam.

“MoU yang ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antara Pemkab Paser dan Unlam dalam beberapa bidang kegiatan ini, akan berlangsung selama 12 bulan terhitung sejak ditandatanganinya kesepakatan bersama ini,” sebut Kadir seraya menyebutkan, dengan adanya kerjasama ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Paser.

Sementara itu Sekretaris DPRD Paser Amiruddin Ahmad yang juga hadir pada penandatanganan MoU ini mengatakan bahwa MoU tersebut akan menjadi dasar untuk melakukan beberapa kegiatan yang melibatkan perguruan tinggi, seperti salah satu tahapan dalam pembuatan Peraturan Daerah di DPRD Paser harus ada kajian akademik.

Amiruddin Ahmad menyebutkan, kerja sama dengan Unlam ini sebagai langkah pihaknya untuk menghasilkan suatu produk hukum daerah yang berkualitas dan berketetapan hukum yang kuat.

            “Salah satu bentuk kerja sama yang akan kita lakukan terkait dalam penyusunan naskah akademik Raperda yang tujuannya agar berkualitas. Kerjasama seperti ini sudah dilakukan kabupaten/kota di Indonesia,” katanya di hadapan pihak Unlam, Selasa (22/5) bertempat di ruang rapat Rektor Unlam Banjarmasin.

Sementara, Rektor Unlam saat itu diwakili pembantu Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Prof Yudi Firmanul Arifin menyampaikan terimakasih  untuk MoU yang telah ditandatangani bersama, dan menurutnya, ini wujud kedekatan dan persaudaraan untuk bekerjasama guna mendapatkan manfaat yang terbaik bagi masyarakat.

                Selain itu, berharap kerja sama dengan Pemkab Paser ini akan muncul kegiatan riil yang bisa mengembangkan daerah, baik di  bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  serta bidang-bidang lainnya. (har/humas)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2646 detik dengan memori 2.43MB.