Berita:Pemkab-BI Canangkan Warna-Warni Janju Wisata Peduli Inflasi

Siaran Pers

TANA PASER- Pemkab Paser bersama Bank Indonesia Balikpapan canangkan Kampung Wisata Warna-Warni Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot sebagai lokasi wisata peduli Inflasi.

Pencanangan oleh Bupati Yusriansyah Syarkawi saat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser   melaksanakan rapat High Level Meeting (HLM) di ruang rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Senin (26/8).

Menurut Asisten Ekonomi Sekda Paser Ina Rosana, pencanangan wiasat warna -warni desa Janju sebagai wisata peduli inflasi  bagian program  pengendalian inflasi dan pengembangan perekonomian daerah oleh BI dan TPID Paser.

 ” Program Kampung Wisata Peduli Inflasi merupakan program pengembangan daya saing wisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru dengan program kemandirian pangan masyarakat untuk pengendalian inflasi,” kata Ina.

Dalam hal pengendalian inflasi  sebutnya, program kampung wisata peduli Inflasi berisi kegiatan ketahanan pangan terutama tanam cabai serentak yang merupakan salah satu komoditas penyumbang utama inflasi di  Kabupaten Paser.

Menurut  Ina,  jika  tanaman pohon cabai berhasil dikembangkan, setidaknya kebutuhan cabai di desa tersebut dapat memenuhi warga yang tinggal di pemukiman sekitar

 “Didalamnya diawali dengan kegiatan budidaya cabai dan pada tahap berikutnya akan diikuti dengan pengembangan budidaya tanaman holtikultura lainya yang menyumbang inflasi seperti kangkung, bayam dan tomat,” tuturnya.

Semenatara, Bupati saat menyerahkan bibit dan tanaman cabai kepada aparat Desa Janju dan Pokdarwis wisata warna-warni  mengatakan, Pemerintah Kabupaten Paser melibatkan desa wisata untuk turut menekan terjadinya inflasi di daerah dengan turut serta menanam komoditas pangan yang bisa mempengaruhi kenaikan inflasi.

 "Hari ini kita berikan bibit pohon cabai kepada wisata warna-warni karena cabai  adalah komodiias yang rentan terhadap inflasi.Mudahan bisa dikembangkan di desa wisata yang berkomitmen peduli terhadap naik turunnya inflasi,” katanya.(har-/humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1357 detik dengan memori 2.78MB.